Surya/

Pesona Ramadan

Ada Gulai Kambing dan Iga Bakar Spesial untuk Buka Puasa di The Alana Hotel

Ragam kuliner bulan Ramadan itu dipatok dengan harga Rp 100 ribu bisa makan sepuasnya. Setiap hari ada 30 pilihan menu lokal ataupun menu ala Barat.

Ada Gulai Kambing dan Iga Bakar Spesial untuk Buka Puasa di The Alana Hotel
surya/ahmad pramudito
Pengunjung menikmati ragam menu buka puasa di The Alana Hotel. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Selama bulan Ramadan, banyak referensi untuk buka puasa bersama, baik ditawarkan oleh juru masak restoran maupun hotel berbintang. Salah satu di antaranya adalah sajian istimewa Gulai Kambing olahan juru masak Hotel The Alana Surabaya.

Menu dengan bahan baku kambing ini sekilas sama dengan gulai kambing lainnya. Namun, Susanto, Executive Chef Hotel The Alana Surabaya sengaja memilih daging bagian kaki depan untuk olahannya.

Padahal, untuk gulai kambing ini biasanya mengambil bagian tulang rusuk (iga). Dan yang dipilih Chef Susanto pun kambing muda.

Alasannya,”Daging bagian kaki depan ini punya tekstur lebih empuk dibanding bagian lainnya. Sehingga pengolahannya pun bisa lebih cepat, dan mudah,” katanya, Rabu (31/5/2017).

Proses pembuatannya diawali dengan merebus daging kambing yang sudah dicincang selama 10 menit untuk menghilangkan kotoran yang masih melekat. Setelah dibersihkan, baru kemudian dicampurkan bumbu lengkap seperti garlick, jahe, tumbar, pala dengan tambahan koya.

Yang lain daripada yang lain, koya ini dibuat secara istimewa yaitu kelapa parut tua ditumis sampai kering lalu diblender hinggga halus kemudian taburkan di atas kuah gulai.

“Setelah ditambahkan kaldu, daging ini direbus lagi selama satu jam,” beber Chef Susanto.

Selain Gulai Kambing, juru masak hotel bintang empat ini juga menawarkan menu istimewa lainnya yaitu Iga Bakar Bumbu Rujak yang menggunakan daging sapi. Iga bakar ini diberi bumbu garam, lada, dan gula jawa sebelum kemudian ditambah santan dan direbus selama 2,5 jam.

“Memang agak lama agar hasilnya bisa terasa empuk. Setelah direbus baru dibakar agar keluar aroma wanginya. Menu ini cocok disantap pakai nasi plus lalapan,” imbuh Chef Susanto.

Untuk ‘cuci mulut’ ada suguhan asinan Bogor, yang dipadu cabe rawit, cabe besar, kacang semuanya diblender dengan gula jawa, asam jawa lalu direbus. Buahnya bisa dipilih sesuka selera ditambah sayur seperti kubis dan cambah.

“Agar makin nikmat, bisa pula ditambahkan kerupuk puli,” begitu saran dia.

Untuk pendamping aneka menu berbahan kambing itu ada minuman Banana Date yang dibuat dari bahan buah pisang dan kurma.

“Minuman segar ini perpaduan sirup caramel, pisang, dan kurma serta tambahan whipe cream menambah kesegaran saat berbuka puasa,” cetusnya.

Ragam kuliner bulan Ramadan itu dipatok dengan harga Rp 100 ribu bisa makan sepuasnya. Setiap hari ada 30 pilihan menu lokal ataupun menu ala Barat dan Timur Tengah yang berganti setiap harinya.

Untuk menikmati menu buka puasa di Restoran Oryza Hotel The Alana Surabaya ini ada paket promo yang bisa dinikmati tamu.

“Kalau pesan tempat untuk 10 orang bisa mendapat gratis untuk satu orang,” kata Debby Berlina, Public Relations Manager Hotel Alana Surabaya.

Penulis: Achmad Pramudito
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help