Surya/

Sambang Kampung

VIDEO - Begini Cara bikin Kue Shompia yang Enak

Ida (46), Produsen Shompia Jalan Kapas Madya Kali No 54 atau Jalan Kapas Madya 4A, No 35 Surabaya ini dengan senang hati berbagi resep.

Reportase: Pipit Maulidiya

SURYA.co.id | SURABAYA - Siapa yang tak tahu Kue Kering Shompia? Kue yang kerap kali hadir di atas meja tamu, saat Lebaran ini ternyata cukup mudah mbuatannya.

Ida (46), Produsen Shompia Jalan Kapas Madya Kali No 54 atau Jalan Kapas Madya 4A, No 35 Surabaya ini dengan senang hati berbagi kepada Surya.co.id, Selasa (30/5/2017).

Ida sukses produksi Shompia sejak puluhan tahun silam rela berbagi resep. Untuk adonan kulit, dirinya biasa menggunakan tepung terigu 5kg dengan kualitas bagus, kemudian mencampurkannya dengan, tepung kanji setengah kilogram, telur 5 butir, garam dua setengah sendok makan, baaking powder dan soda kue saty setengah sendok makan.

"Adonan diaduk sampai lembut, jangan ada gumpalan. Lalu dibiarkan setengah jam supaya adonannya bisa mengembang," tuturnya.

Untuk membuat kulit, diperlukan api sedang atau tergantung kecepatan tangan mencetaknya. Ida berpesan untuk tidak terlalu lama agar kulit bisa dibentuk.

"Untuk isinya bisa dengan tepung panir, atau kelapa, dicampur garam, gula lebih banyak, dan yang terpenting ebi (dihaluskan terlebih dahulu) untuk rasa khas Shompia," tutupnya.

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help