Terminal Purabaya

Jelang Arus Mudik, 9 Bus Diusir dari Terminal Purabaya, ini Sebab-sebabnya

Belasan petugas dari Dishub Surabaya dikerahkan untuk khusus mengecek kelaikan jalan kendaraan angkutan massal untuk mudik ini.

Jelang Arus Mudik, 9 Bus Diusir dari Terminal Purabaya, ini Sebab-sebabnya
surya/nuraini faiq
Petugas saat mengecek kondisi Kelaikan bus di Terminal Purabaya, Selasa (30/5/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Masa angkutan Lebaran Arus Mudik masih jauh. Namun petugas Terminal Purabaya Sidoarjo sudah menggelar operasi kelaikan jalan untuk angkutan mudik.

Hasilnya, petugas mengusir 9 bus berbagai jurusan dari dalam areal terminal yang dikelola Dishub Surabaya ini. Penyebabnya bus-bus ini dinyatakan tak laik jalan.

"Kami tidak memberi ampun untuk bus yang kasat mata tak laik jalan. Ada yang kaca sudah pecah," tegas Kasub Unit Terminal Purabaya, Hardjo, Selasa (30/5/2017).

Belasan petugas dari Dishub Surabaya dikerahkan untuk khusus mengecek kelaikan jalan kendaraan angkutan massal untuk mudik ini. Setiap bus yang datang dicek total.

Begitu tiba di kedatangan Terminal Purabaya, bus-bus itu diwajibkan ramp check ringan. Mulai dari kelengkapan dokumen kendaran hingga standar kelaikan jalan.

Petugas memanggil sopir dan kru bus untuk menunjukkan dokumen kendaraan. Mulai SIM dan surat kendaraan seperti STNK, buku uji kir, hingga izin trayek.

Sedang kelaikan jalan, petugas hanya melihat kindisi fisik kendaraan. Ban yang tidak boleh vulkanisir, kondisi kaca bus, dan hal yang terlihat lain.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved