Road to Election

PDIP Kemungkinan Usung Kadernya Sendiri Sebagai Cagub atau Cawagub Jatim, ini Sosoknya

PDIP belum final memutuskan sosok yang akan mereka usung dalam Pilkada Jatim 2018 mendatang. Dua kader mereka ini pun punya peluang...

PDIP Kemungkinan Usung Kadernya Sendiri Sebagai Cagub atau Cawagub Jatim, ini Sosoknya
surya/nuraini faiq
Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi bersma Sekertarisnya Sri Untari. 

SURYA.co.id | SURABAYA - PDIP semakin mengerucutkan nama yang akan disodorkan kepada partai koalisi jelang pilkada mendatang.

Adalah dua politisi senior PDI Perjuangan, Kusnadi dan Budi Sulistyono, yang kemungkinan akan dicalonkan menjadi calon gubernur atau pun calon wakil gubernur Jatim mendatang.

Hal ini diutarakan oleh wakil ketua bidang Kaderisasi Dewan Pengurus Daerah (DPD) PDIP Jatim, Bambang Juwono.

Berdasarkan penjelasan Bambang, kedua nama tersebut untuk saat ini dianggap menjadi kader terbaik yang juga berpotensi terpilih pada pilkada nanti.

"Beliau berdua menjadi kader terbaik kami untuk saat ini. Masing-masing (figur) memiliki pengalaman di bidang legislatif maupun ekskutif di Jatim yang tak perlu diragukan lagi," kata Bambang kepada Surya, Jumat (26/5/2017).

Sekadar diketahui, Kusnadi saat ini menjabat wakil ketua DPRD Jatim. Tak hanya itu, ia juga menempati jabatan yang sama di Badan Anggaran dan Badan Musyawarah DPRD Jatim. Anggota DPRD dari Jatim I ini juga menjabat sebagai pembina fraksi PDIP di DPRD Jatim. Di tataran DPD PDIP, Kusnadi menjabat sebagai ketua.

Di sisi lain, Budi Sulistyono atau yang biasa dipanggil Kanang, saat ini menjabat sebagai bupati Ngawi sejak 2016 lalu. Kanang terpilih sebagai Bupati untuk kali kedua, setelah sebelumnya juga menjabat posisi yang sama (periode 2010-2015).

Bahkan, Kanang juga ditunjuk menjadi wakil bupati Ngawi secara dua periode berturut-turut (1999-2010). Di tataran DPD PDIP Jatim, Kanang menjabat sebagai wakil ketua bidang kehormatan.

Dengan banyaknya jabatan tersebut, kedua figur ini juga dianggap memiliki banyak jaringan yang menjangkau hingga ke seluruh DPD maupun tingkat ranting di seluruh Jatim. Sehingga, keduanya tak akan kesulitan dalam melakukan konsolidasi politik.

Dua nama tersebut kemungkinan akan diusulkan untuk menjadi bakal calon wakil gubernur, Saifullah Yusuf, yang sebelumnya dicalonkan oleh PKB. Sebab, menurut sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Utari, selain memiliki jumlah kursi yang kurang untuk mencalonkan pasangan kandidat, pihaknya sangat menginginkan adanya koalisi dengan partai yang berbasis pemilih NU ini.

PKB yang mewakili suara pemilih religius dan PDIP yang meruapakan partai dengan basis pemilih nasionalis dianggap menjadi perwakilan mayoritas pemilih di Jatim.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved