Single Focus

Kegiatan Ramadan, Mahasiswa ITS Gelar Kontes Dai Muda hingga Kompetisi Film

Sekjen Jemaah Masjid Manarul Ilmi ITS, Ahmad Sirajuddin menuturkan, berbagai event sudah disiapkan guna mengisi bulan puasa.

Kegiatan Ramadan, Mahasiswa ITS Gelar Kontes Dai Muda hingga Kompetisi Film
surya/fatkhul alami
Sekjen Jemaah Masjid Manarul Ilmi ITS, Ahmad Sirajuddin. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Aktivitas selama Ramadan bukan hanya milik warga kampung atau perumahan saja, tak terkecuali warga kampus pun antusias menyambut momen ini. Mahasiswa muslim ITS, misalnya, memiliki beragam acara selama bulan suci tahun ini.

Sekjen Jemaah Masjid Manarul Ilmi ITS, Ahmad Sirajuddin menuturkan, berbagai event  sudah disiapkan guna mengisi bulan puasa. Bahkan, satu minggu sebelum masuk bulan penuh ampunan itu, sudah ada tarhip Ramadan.

"Kegiatan tarhip Ramadan ini merupakan pawai mahasiswa ke fakultas-fakultas. Kami membagi kurma dan pamflet kegiatan di Masjid Manarul Ilmi selama Ramadan," sebut Sirajudin, saat ditemui di Masjid Manarul Ilmi ITS, Rabu (24/5/2017).

Kegiatan yang dirancang mahasiswa, kata Sirajudin, cukup padat. Seperti lomba kontes Dai Muda dan lomba karya tulis Alquran, serta Fiqih Ramadan.

Selain itu, ada lomba tahfidz Alquran untuk pelajar SD, SMP dan SMA. Untuk peserta SD tahfidz Alquran juz 30, sedang SMP dan SMA tidak hanya juz 30, tapi ditambah juz 1. Juga ada acara sekolah pemuda hijrah se-Surabaya.

"Kami gelar lomba movie competition (film pendek), temanya fastabiqul qhoirot (berlomba dalam kebaikan). Kemudian, safety survival training, seperti outbound di taman masjid untuk mahasiswa," papar mahasiswa semester 8 jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi ITS ini.

Tak ketinggalan, pengurus Jemaah Masjid Manarul Ilmi juga menyediakan buka bersama dan sahur on the road. Mahasiswa juga bisa mengikuti kajian kitab Riyadhusholihin setiap Rabu dan Kamis, usai salat Dhuhur.

"Acara ini rutin selama Ramadan. Sasaran utama adalah mahasiswa dan dosen ITS," kata Sirajuddin, yang mengungkapkan respons mahasiswa sangat positif.

Penulis: Fatkhul Alami
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved