Sambang Kampung

Karang Taruna Simokerto, Berdayakan Pemuda dengan Buka Usaha

Pemberdayaan ekonomi karang taruna adalah program kerja unggulan di Kelurahan SImolawang, Surabaya, untuk mendorong kelompok menengah ke bawah

Karang Taruna Simokerto, Berdayakan Pemuda dengan Buka Usaha
Surabaya.tribunnews.com/Fatimatuz Zahroh
Anak-anak Kelurahan Simolawang terampil membawakan tari India. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemberdayaan ekonomi karang taruna termasuk program kerja unggulan di Kelurahan Simolawang, Kecamatan Simokerto. Masyarakat yang kebanyakan dari kalangan menengah ke bawah membutuhkan stimulus untuk pengembangan di bidang ekonomi. 

Dalam waktu dekat, karang taruna Kelurahan Simolawang menyiapkan program pemberdayaan membangun cafe untuk anak-anak muda yang masih nganggur. Harapannya, bisa dijadikan program unggulan mengurangi jumlah pengangguran.

"Rencananya membuat cafe tempat anak-anak muda berkumpul. Sudah mulai pemetaan wilayah mana yang paling tepat untuk buka usaha, namun belum tahu apa dapat izin atau belum," ujar Ketua Karang Taruna Kelurahan Simolawang, Rizal Maulana Efendi.

Lokasinya, akan sewa halaman rumah warga, yang memiliki kemudahan akses dan ramai anak muda. Saat ini, kebutuhan gadget mendorong banyak warung kopi jadi tempat cangkrukan, lantaran memiliki akses wifi.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Simokerto, Pudji Nur Diansyah, pun mendukung program ini. Dari kecamatan sendiri memiliki program senada, yaitu membuat usaha bakso karakter. Inovasi ini berbeda, karena adonan daging bakso berbentuk larakter kartun.

"Sudah berjalan, namun sekarang masih vakum karena asalan tempat. Selain itu, ada usaha lain dalam rangka pemberdayaan ekonomi berupa reseller beras," urai Pudji.

Meski baru usaha kecil, menurutnya, kegiatan ini berguna untuk pembelajaran anak muda dalam berusaha.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help