Surya/

Lapor Cak

Khusus Hari Jadi Kota Surabaya, Layanan Kependudukan Buka di Hari Minggu

Dispendukcapil Kota Surabaya memberikan layanan khusus selama Hari Jadi Kota Surabaya. Salah satunya adalah tetap melayani masyarakat di Hari Minggu.

Khusus Hari Jadi Kota Surabaya, Layanan Kependudukan Buka di Hari Minggu
Surabaya.tribunnews.com/Achmad Zaimul Haq
Menjambut Hari Jadi Kota Surabaya, Dispendukcapil Surabaya tetap membuka layanan di Siola pada hari Minggu. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Layanan kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya membuka layanan khusus menyambut Hari Jadi Kota SUrabaya yang ke-724.

Layanan khusus tersebut adalah membuka layanan kepndudukan untuk warga Surabaya satu minggu full. Jika biasanya Dispendukcapil hanya buka dari hari Senin sampai Sabtu, maka bulan ini kantor Dispendukcapil juga buka di hari Minggu.

Hal itu terbukti saat Surya berkunjung ke Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Gedung Siola, MInggu (21/5/2017). Di sana hanya layanan Dispendukcapil saja yang membuka layanan ke masyarakat. Sedangkan yang lain tutup dan tak beroperasi.

Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya, Suharto Wardoyo mengatakan layanan ini dibuka saat hari Minggu lantaran untuk menyambut momen khusus ulang tahun Surabaya.

"Biasanya kita kan Minggu tutup. Tapi karena ini adalah hari khusus bulan Hari jadi kota, ya ini adalah hadiah bagi warga Surabaya kami memberikan layanan lebih untuk pelayanan," kata Suharto yang ditemui di Siola.

Total ada sepuluh tenaga kerja Dispendukcapil yang berjaga di tempat layanan. Layanan yang dibuka adalah rekam e-KTP, verifikasi biometri, layanan penunggalan, layanan pembukaan blokir, dan pelayanan administrasi kependudukan yang lain.

Disampaikan Suharto, saat ini yang paling banyak adalah perekaman e-KTP dan juga proses penunggalan.

"Sebab biasanya ada yang masih ganda datanya datang ke sini untuk mengurus. Itu yang membuat proses pembuatan e-KTP menjadi lama," ucap pria yang juga akrab disapa Anang ini.

Lebih lanjut, disampaikan Anang, untuk membuka layanan di hari Minggu ini, pihaknya sudah melakukan sosialisasi melalui kelurahan dan kecamatan. Sehingga bagi warga yang butuh mengurus berkas kependudukan dan tidak bisa mengurus saat hari aktif, maka bisa datang ke Dispendukcapil untuk mengurus di hari libur tersebut.

Untuk pekan depan, Suharto masih belum memastikan akan buka atau tidak. Pihaknya akan melakukan evaluasi untuk hari ini apakah memang dibutuhkan pekan depan untuk tetap membuka pelayanan. Sebab minggu depan sudah masuk ke bulan puasa. Sehingga dimungkinkan layanan tidak akan dibuka.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help