Bandara Juanda

Banyak Ditemukan Layang-Layang dan Sinar Laser di Sekitar Juanda, begini Reaksi Angkasa Pura I

"Jika dibiarkan terus menerus, aktivitas layang-layang itu bisa membahayakan keselamatan penerbangan," ungkap Afrizal Chaniago.

Banyak Ditemukan Layang-Layang dan Sinar Laser di Sekitar Juanda, begini Reaksi Angkasa Pura I
surya/nuraini faiq
Citilink kembali diparkir di apron Bandara Juanda . 

SURYA.co.id | SURABAYA - Banyak ditemukan aktivitas warga di sekitar Bandara Juanda Surabaya yang membahayakan keselamatan penerbangan.

Selain sinar laser yang masih ditemukan, aktivitas mainan layang-layang juga banyak ditemukan sehingga bisa mengganggu keselamatan penerbangan.

"Jika dibiarkan terus menerus, aktivitas layang-layang itu bisa membahayakan keselamatan penerbangan," ungkap Afrizal Chaniago, dari Manajemen Keselamatan Penerbangan PT Angkasa Pura 1 Juanda (21/5/2017).

Sebelumnya, Bandara Juanda sempat dipusingkan dengan banyaknya penjual laser mainan di sekitar Bandara Juanda.

Di wilayah Kecamatan Sedati dan Waru banyak dijumpai sorot laser menjulang. Sinar tajam ini menembus langit Bandara Juanda.

Jika sinar tajam itu mengenai mata pilot akan membuyarkan konsentrasi pilot, terutama saat Landing akan sangat membahayakan keselamatan penerbangan.

Begitu juga dengan layang-layang akan sangat mengganggu. Apalagi jika dalam jumlah banyak akan mengganggu secara langsung keselamatan penerbangan.

Bahaya layang-layang ini bila mengenai sistem kemudi pesawat dan bisa membahayakan penerbangan.

Begitu juga jika masuk mesin pesawat bisa mengganggu turbin mesin. Akibatnya, mesin pesawat akan terganggu dan tidak bekerja maksimal.

Saat peralihan atau pancaroba seperti saat ini banyak warga main layang-layang di sekitar Bandara Juanda.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help