Surya/

Surabaya Smart City 360, Serasa Jalan Bareng Risma Keliling Kota

Ingin memberikan cara dan pengalaman baru untuk mengenalkan kota Surabaya, dua pemuda ini membuat karya Surabaya Smart City 360.

Surabaya Smart City 360, Serasa Jalan Bareng Risma Keliling Kota
SURYA/HABIBUR ROHMAN
SURABAYA GEEKFEST - Pengunjung mencoba beberapa produk industri kreatif pada "Geekfest"di Gedung Siola Surabaya, Sabtu (20/5/2017). Beberapa di antaranya adalah produk yang bisa menciptakan bentuk 3D, aplikasi foto 3D maupun Virtual Reality. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Ide kreatif tidak bisa dibatasi. Termasuk untuk dua anak muda Gerald Sebastian (23) dan Utomo Widiyasa (27).

Ingin memberikan cara dan pengalaman baru untuk mengenalkan kota Surabaya, dua pemuda ini membuat karya Surabaya Smart City 360.

Karya ini adalah bentuk video virtual reality yang bisa menyajikan video dalam dimensi 360 derajat. Dan bisa menyesuaikan gerakan pengguna sehingga bisa melihat video virtual reality sampai 360 derajat.

"Ide awalnya adalah ingin memberikan sajian baru untuk video virtual reality (VR). Jika biasanya VR itu untuk game kita ingin memanfaatkan teknologi ini untuk edukatifa dan informatif," ulas Gelard yang juga Co Founder channel YouTube edukasi Kok Bisa dalam GeekFest di Siola, Sabtu (20/5/2017).

Smart City Surabaya 360 ini memiliki durasi video reality tak lebih dari lima menit. Mulanya, pengguna akan dipakaikan kacamata VR box 3D. Yaitu semacam kacamata berbentuk kontak untuk memainkan video berformat 3D. Pengguna juga diberikan ear phone untuk mendengarkan suara yang ada di VR.

Tempat pertama yang ditampilkan di VR itu adalah pengguna sedang berdiri di perempatan jalan di depan Gedung Siola. Di sana ada dua orang petugas polisi yang tampak mengatur lalu lintas.

"Kalau melihat ke atas atau ke bawah juga bisa, mau berjalan visualnya juga seperti ada di sana. Itu adalah keunggulan VR. Dan dalam adegan pertama itu kita mengenalkan tentang Surabaya Intelegent Transport System (SITS)," kata Gerald.

Tidak sampai di sana, pengguna VR ini lalu diajak ke ruang Command Center Surabaya. Di sana sudah ada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang menunggu. "Selamat datang di Surabaya," sapa Risma dalam VR tersebut.

Di sana Risma mengajak pengguna melihat ruangan tanggap bencana yang ada di Command Center. Tidak hanya itu, Risma lalu juga mengajak pengguna untuk datang ke Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran.

"Nah ini VR kita untuk mengajak pengguna untuk mengenal potensi wisata di Surabaya. Jadi sangat informatif, pengguna yang belum pernah datang ke sana akan merasakan sensasi seperti benar ada di sana. Melihat 360 derajat wisata THP Kenjeran," kata Gerald yang juga lulusan Universitas Indonesia jurusan Komunikasi ini.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help