Surya/

Testimoni Cipoer

Mendadak Tenar dan Skripsi pun Kelar

mendadak tenar di kampus, dari teman kuliah hingga dosen menyapa dan memberinya selamat, dann tugas akhir juga kelar.. ah ternyata berkah dari menulis

Mendadak Tenar dan Skripsi pun Kelar
dokumentasi citizen reporter
Citizen Reporter Harian Surya 2015 

Testimoni Cipoer Eki Tirtana Zamzani
Alumnus UIN Sunan Ampel Surabaya

RUBRIK Citizen Reporter atau di antara para penulisnya disebut rubrik Cipo, di Harian Surya merupakan media atau wadah untuk menuliskan pengalaman dalam kehidupan. Setidaknya sudah sekitar tujuh tahun lamanya saya menjadi bagian dari penulis Cipo Harian Surya. Semenjak mahasiswa hingga bekerja saat ini.

Bagi mahasiswa kegiatan menulis di Harian Surya bisa dijadikan sebagai tempat latihan menulis sebelum mengerjakan tugas akhir, skripsi.

Berbagai pengalaman hidup telah saya bagikan kepada pembaca setia Harian Surya, mulai dari pengalaman PPL, KKN, seminar, kegiatan di kampus, hinggaperjalanan liburan di akhir pekan.

Ada perasaan senang ketika tulisan dimuat dan bisa dibaca oleh banyak orang. Apalagi kalau ada yang mengapresiasi hasil tulisan kita.

Tulisan saya ketika masih kuliah berjudul adalah Jembatan IAIN, terbit 20 Januari 2011, memiliki cerita tersendiri.

Saya baru tahu artikel itu dimuat melalui sms teman kuliah. Rangga Sa’dilah dan Rahmat Sugianto mengucapkan selamat atas dimuatnya tulisan tersebut di Harian Surya.

Selain itu, dosen saya, Yuni Arrifadah M.Pd juga membaca liputan tentang perubahan IAIN menjadi UIN tersebut.

Tak pelak, hal ini berdampak baik terhadap proses perkuliahan yang saya jalani. Sebelumnya, ketika belum aktif menulis, saya tak dikenal oleh dosen di kampus.

Berbeda, setelah tulisan saya dimuat di Harian Surya, banyak dosen yang akhirnya mengenal saya. Saya pun memilih beliau menjadi dosen pembimbing skripsi.

Ujian skripsi adalah saat-saat paling mendebarkan bagi mahasiswa tingkat akhir. Skripsi akan diuji dua orang dosen penguji. Nah, ujian skripsi saya waktu itu dipimpin oleh ketua sidang yang merupakan dosen pembimbing saya.

Beliau membuka acara sidang ujian skripsi, kemudian memperkenalkan saya di hadapan para dosen penguji dan sekretaris, “bapak/ibu penguji Eki ini pernah menulis di koran Surya, saya pernah membaca dua tulisannya. Dia punya pengalaman dalam menulis di media massa, namun ketika mengemukakan pendapatnya dalam bentuk lisan agak kurang.”

Alhamdulillah nilai ujian skripsi saya waktu itu sangat memuaskan. Hal ini juga berkat latihan menulis di koran Surya. 

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help