Surya/

Citizen Reporter

Dalam Dekapan Semeru …

wisata baru di kawasan Wajak, Kabupaten Malang ini menawarkan keasrian alam yang menawan sebuah hutan pinus berhawa sejuk ...

Dalam Dekapan Semeru …
lailatul nuroniyah/citizen reporter
Hutan pinus Semeru Wajak 

Reportase Lailatul Nuroniyah
Guru SD Plus Al-Kautsar Malang

MALANG kembali mempersembahkan wisata baru yang sangat cocok untuk bersantai, yaitu hutan pinus Semeru di Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang.

Suasana di hutan pinus Semeru ini sangat tenang. Udara yang menyelimuti kawasan ini juga sejuk, serta terasa nyaman berada di bawah rindangnya pohon-pohon pinus. Tak heran bila pengunjung pun dibuat betah untuk berpiknik atau berfoto di sana.

Lokasi yang bersih menjadi nilai plus yang membuat pengunjung semakin nyaman dan menikmati pemandangan alam indah yang ditawarkan hutan pinus Semeru ini. Meja dan kursi kayu sengaja dipersiapkan di area wisata ini sebagai tempat duduk sambil bersantai.

Terletak di Dusun Arjosari, Desa Sumber Putih, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, hutan pinus Semeru, berjarak sekitar 40 km dari pusat Kota Malang. Tempat wisata yang baru dibuka bulan Februari 2017 ini sudah cukup membuat penasaran banyak pengunjung.

Keberadaan tempat wisata hutan pinus ini awalnya merupakan bagian dari program kerja kelompok mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dibantu kaum muda dan karang taruna warga sekitar.

Nama hutan pinus Semeru disematkan karena lokasinya berada di lereng kaki Gunung Semeru.

Salah satu yang menjadi daya tarik pengunjung hutan pinus ini adalah tebaran puluhan payung warna-warni yang menggantung di antara pepohonan pinus. Selain itu, di sekeliling pohon terdapat papan-papan kecil bertuliskan aneka kalimat lucu sehingga mengudang berswafoto di sana.

Di sepanjang area menuju spot foto ada beberapa kios yang menyediakan makanan ringan dan minuman bagi pengunjung.

Menjelajahi hutan pinus ini dapat dilalui kendaraan roda dua dan roda empat meskipun harus sedikit berhati-hati karena kondisi sebagian jalan yang masih belum di aspal. Biayanya pun cukup murah, karena pengunjung hanya dipungut Rp 5.000 untuk bea parkir kendaraan.

Selebihnya, pengunjung diberi kebebasan untuk menikmati kesegaran alam hutan pinus Semeru. Saat ini wisata hutan pinus Semeru masih dalam pengembangan. Tak hanya fasilitas di area wisata, juga akses jalan menuju hutan pinus  akan diperbaiki untuk memudahkan keamanan dan kenyamanan pengunjung menuju lokasi.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help