Surya/
Grahadi

Soekarwo Ingin Bentuk Koperasi Untuk Pensiunan Aparatur Sipil Negara Pemprov jatim

Gubernur Jatim, Soekarwo, menginginkan dibentuknya koperasi yang menaungi para pensiunan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemprov Jatim.

Soekarwo Ingin Bentuk Koperasi Untuk Pensiunan Aparatur Sipil Negara Pemprov jatim
ist/Humas Pemprov Jatim
Gubernur Jatim, Soekarwo, saat melepas para purna tugas atau pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jatim. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Gubernur Jatim, Soekarwo, meminta Sekdaprov Jatim untuk membentuk kelompok bagi pensiunan di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).  

Pada awalnya, kelompok ini untuk menjalin silaturahmi dan sebagai wadah bagi para pensiunan untuk saling berkomunikasi dan bersosialisasi.

Tetapi selanjutnya dapat menjadi koperasi yang selain mewadahi aksi sosial, juga dapat memberi bantuan bagai para pensiunan agar tetap produktif. 

Hal ini disampaikan Soekarwo saat acara Pelepasan Menjelang Purna Tugas bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jatim Tahun 2017, Selasa (16/5/2017).

Soekarwo juga meminta Sekdaprov Jatim untuk ikut membantu masalah keuangan atau anggarannya, dengan pertemuan dilakukan dua tahun sekali.

“Potensi para purna tugas ini luar biasa, karena pada dasarnya mereka masih produktif. Dengan adanya kelompok atau koperasi pensiunan ini, sekaligus menjadi ajang silaturahmi.  Jadi bila ada yang sakit bisa saling menjenguk sekaligus memberi pinjaman kepada para purna tugas yang ingin berwirausaha,” katanya.

Kepada para purna tugas, Pakde Karwo berpesan agar bisa terus mengabdi bagi masyarakat sekitar. 

Ia juga menekankan agar tidak merasa post power syndrome atau sindrome yang biasanya dialami seseorang ketika sudah tidak  berkuasa atau memiliki jabatan. Selain itu, para purna tugas juga untuk selalu menjaga kesehatan, terutama kejiwaan, karena sebagian besar penyakit berasal dari masalah psikologis.

“80 persen penyebab penyakit karena psikisnya, yang dinamakan psikosomatis. Faktor sakit hanya 20 persen, sisanya gelisah,” pesannya.  

Di akhir sambutan, ia mengajak purna tugas untuk senantiasa bersyukur karena mampu melewati tugas sebagai seorang ASN dengan baik. Ia juga minta agar para purna tugas selalu menjaga silaturahmi untuk memperpanjang umur.

Halaman
12
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help