Surya/

Testimoni Cipoer

Mari Bersama Menyusuri Jalan Memori

membagikan kisah dengan kemasan yang mudah diterima oleh masyarakat adalah salah satu tujuan dari sebuah rencana sederhana membumikan sejarah ...

Mari Bersama Menyusuri Jalan Memori
dokumentasi citizen reporter
Rintahani Johan Pradana (kanan) Cipoer bersama Febby Mahendara Putra, Pimred Harian Surya 

Testimoni Rintahani Johan Pradana
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang

KEBERADAAN halaman reportase warga di Harian Surya merupakan ruang dalam menyebar luaskan informasi. Potensi ini menjadi momentum yang perlu dioptimalkan dalam membagikan hasil penelusuran pada lorong-lorong masa silam. 

Salah satu tema yang tekun saya gali sejauh ini. Lantas, mengapa jalan sejarah dipilih untuk ditelusuri? Sejarah sangat dekat dengan kehidupan manusia. Setiap detik, menit, jam, hari hingga tahun yang telah dilalui adalah sejarah. Sering kali, manusia tak menyadari waktu yang telah dipergunakan sehingga yang kerap tersisa adalah penyesalan.

Banyak pengalaman dan pelajaran yang terlalu egois bila dinikmati sendiri. Kita tidak perlu menunggu untuk menyesal dalam mengambil keputusan, dan caranya adalah menelusuri jalan sejarah untuk memetik buah dari sebuah peristiwa.

Lebih dari delapan puluh tulisan, ratusan saksi peristiwa, dan puluhan tempat telah terjejaki selama dua tahun terakhir, saya menelusuri jalan sejarah. Hasilnya, tersaji dalam setiap halaman serta ragam judul reportase di Citizen Reporter Harian Surya.

Mengapa Citizen Reporter? Halaman ini yang menurut hemat saya paling ramah untuk diakses dan dibaca oleh berbagai kalangan, dengan beragam latar belakang.

Edisi cetaknya tersebar di setiap penjuru Jawa Timur. Tergeletak rapi di atas meja ruang kantor ber-AC hingga bersanding dengan kopi dan jajanan rakyat di warung-warung pinggir jalan. Setiap orang adalah penikmatnya.

Ini merupakan pengalaman yang begitu menyenangkan, menikmati setiap prosesnya, dan memetik manfaat dari apa yang dihasilkan.

Bersentuhan dengan sejarah melalui penelusuran pada lorong-lorong masa silam. Tak berhenti di situ saja, membagikannya dengan kemasan yang mudah diterima oleh masyarakat, adalah salah satu tujuan dari sebuah rencana sederhana : membumikan sejarah.

Saya memilih menelusuri jalan sejarah, bukan hanya soal latar belakang minat secara emosional maupun intelektual. Sejarah di Jawa Timur memiliki sebuah potensi yang sangat bagus. Membentang dari tiap zaman dan tersebar di tiap wilayah.

Banyak hal yang tidak sekadar bersifat pengetahuan, namun juga mampu memberikan suplemen pemahaman terhadap makna kehidupan. Karena itulah, sejarah amat dekat dengan kehidupan.

Tidak ada manusia yang mampu melepaskan dirinya dari sejarah, bahkan saya yakin, apa yang telah ditulis dan dibagikan oleh rekan-rekan pada halaman Citizen Reporter Harian Surya, adalah bagian dari peristiwa yang telah berlalu. Bila demikian adanya, maka kita telah bersama-sama menelusuri jalan sejarah.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help