Surya/

Citizen Reporter

Wow Ada Polisi Siswa di SMA Negeri 1 Gresik

mereka bukan polisi sembarangan.. ruang kerja dan tugas mereka memang khusus, yakni beroperasi hanya di lingkungan sekolah saja ...

Wow Ada Polisi Siswa di SMA Negeri 1 Gresik
priyandono/citizen reporter
Polisi Siswa (polsis) SMA Negeri 1 Gresik 

Reportase PRIYANDONO
Guru di SMAN 1 Gresik/tukang ngisi smangres.sch.id

SMA Negeri 1 Gresik (Smansagres), Sabtu (29/4/2017) lalu, menggandeng Polres Gresik membentuk Polisi Siswa (Polsis) untuk mendukung operasi Bina Kusuma Semeru 2017.

Kapolres Gresik melalui Kasat Binmas AKP HM Zunaedi mengukuhkan Polsis Smansagres, didampingi Kepala SMAN 1 Gresik Suswanto, beserta seluruf staf dan dewan guru.

Polsis terdiri atas dua siswa putra putri dari setiap kelas. Mantan Kapolsek Wringinanom itu menjelaskan anggota Polsis harus bisa memberi teladan yang baik dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya.

Misalnya, kalau belum punya Surat Izin Mengemudi (SIM) jangan mengendarai motor. “Lebih baik naik sepeda onthel. Di samping bisa membuat badan sehat, bersepeda itu bisa mengurangi polusi,” pesannya

Dibentuknya Polsis, lanjut Zunaedi, merupakan manifestasi pembinaan dini terhadap pelajar yang ingin menjadi taruna polisi. “Di antara sekian banyak siswa ini kemungkinan besar ada yang ingin daftar sebagai taruna polisi. Polsis ini bisa dijadikan modal dasar menjadi taruna,” imbuhnya

Mengakhiri sambutannya, Zunaedi berpesan agar anggota Polsis tidak arogan sembari mencontohkan kasus-kasus kekerasan pelajar yang sedang mengemuka belakangan ini.

Misalnya, siswa senior di sebuah sekolah yang memperlakukan adik kelasnya dengan kekerasan hingga menimbulkan jatuh korban meninggal. Dengan alasan apapun, tindakan seperti ini tidak dibenarkan.

“Meski kalian menjadi polsis, jangan terus kemudian berbuat seenakknya sendiri dengan kawan,” pesannya.

Kepala SMAN 1 Gresik berharap agar polsis bisa menjadi barisan terdepan dalam penegakan disiplin di sekolah. Pak Sus, sapaan akrabnya, berharap polsis bisa menjadi garda depan dalam menciptakan suasana aman di sekolah.

“Nanti kalian bisa bekerja sama dan berkoordinasi dengan tim ketertiban sekolah. Sekolah ini memiliki semboyan disiplin yes, pelanggaran no, smansa dahsyat,” ungkap kepala sekolah yang dikenal dinamis dan memiliki banyak gagasan.

Selain polsis, beluma lama ini Smansagres bekerja sama dengan Kasat Lantas Polres Gresik mengampanyekan bersepada ke sekolah untuk keselamatan. Setelah sebelumnya pernah menggandeng  Kodim 517 Gresik melakukan shodaqoh makam religi.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help