Surya/

Lapor Cak

Masih Banyak Calo di Bungurasih, Calon Penumpang Mengaku Tak Nyaman

"Haduh saya tadi ditarik-tarik, saya itu mau ke Jogja naik bus ekonomi. Calonya tanya ya saya jawab, eh langsung ditarik ke bus patas."

Masih Banyak Calo di Bungurasih, Calon Penumpang Mengaku Tak Nyaman
surya/achmad zaimul haq
Beginilah aksi para calo di Terminal Purabaya alias Bungurasih. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Revitalisasi Terminal Purabaya yang menghabiskan miliaran rupiah memang cukup mengubah wajah terminal terbesar di Jawa Timur itu. Namun, nyatanya masih belum bisa menghilangkan calo bus yang biasa menarik-narik calon penumpang.

Seperti terlihat di Terminal Purabaya, Bungurasih, pada Minggu (14/5/2017) pagi. Cukup banyak calon penumpang yang ingin menggunakan transporasi jalur darat melalui terminal ini.

Untuk sampai ke bus yang akan mengantar ke tempat tujuan, calon penumpang harus naik ke lantai dua menggunakan eskalator dan menuju ke anjungan bus.

Namun, kenyamanan calon penumpang bus harus terganggu saat menuju anjungan di lantai dua. Pasalnya, mereka diserbu calo bus.

Para calo bus itu mulanya hanya menanyakan tujuan calon penumpang. Begitu dijawab, para calo bus ini mencoba mengarahkan calon penumpang ke anjungan tempat bus mereka standby.

"Haduh saya tadi ditarik-tarik, saya itu mau ke Jogja naik bus ekonomi. Calonya tanya ya saya jawab, eh langsung ditarik ke bus patas. Padahal saya mau naik bus yang tarif biasa," ucap Handayani (44).

Yani, begitu ia biasa disapa, bukan kali pertama mendapat perlakuan memaksa dari calo bus. Beberapa minggu lalu saat long weekend, ia juga dipaksa calo bus. Modusnya, calo membawakan barang bawaaannya.

"Tas saya langsung dibawakan, terus di ajak ke bus yang dia mau," ulas Yani.

Menurutnya, hal ini sangat mengganggu kenyamanan calon penumpang. Selain itu, cukup berbahaya. Sebab kebanyakan calo justru memaksa calon penumpang untuk memilih bus yang tarifnya lebih mahal.

Hal senada dialami Hendys (22). Mahasiswa Universitas Hang Tuah yang akan pergi ke Jombang ini menyayangkan mengapa masih ada calo di terminal yang baru ini.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help