Surya/

Testimoni Cipoer

Berbagi dan Menjadi Sesuatu dengan Menjadi Pewarta Warga di Citizen Reporter Harian Surya

pemikiran serta ide yang saya tulis ini benar-benar sampai kepada kedua kelopak mata pembaca saat saya menulis di koran Surya...

Berbagi dan Menjadi Sesuatu dengan Menjadi Pewarta Warga di Citizen Reporter Harian Surya
istimewa
Ardi Wina Saputra dan novelis Oka Rusmini 

Testimoni Cipoer Ardi Wina Saputra
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang

MENULIS di kolom Citizen Reporter (Cipo) merupakan perwujudan dari peran aktif masyarakat untuk turut ambil bagian dalam media massa. Pepih Nugraha, wartawan senior Kompas mengatakan, every citizen is journalist.

Hal tersebut ingin menegaskan bahwa pada zaman sekarang ini semua orang bisa jadi jurnalis. Keberadaan gawai, dan kecanggihan teknologi informasi memampukan semua orang melakukan kegiatan jurnalistik

Hal lain yang mendasari adalah adanya rasa untuk mau berbagi dengan sesama. Pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial sehingga rasa bersosialisasi tersebut muncul secara naluriah dari dalam diri. Perwujudannya pun beragam, salah satunya dengan berbagi informasi pada sesama.

Kecanggihan teknologi dan akses yang memudahkan manusia bisa menjadi pewarta sesungguhnya juga dapat menjadi senjata makan tuan apabila tak ada patokan yang menyaring berita tersebut.

Para akademisi mengatakan, saat ini kita berada pada zaman pasca kebenaran (post truth era). Zaman pasca kebenaran ditandai dengan tipisnya batasan antara yang bohong dan yang benar.

Munculnya hoax, meme, dan fenomena pemberitaan lain yang dipangkas-pangkas demi kepentingan segelintir orang merupakan contohnya. Itulah sebabnya perlu peran media massa konvensional untuk menyaring pemberitaan yang terjadi di masyarakat.

Kolom Citizen Reporter Surya hadir untuk mengatasi itu semua. Melalui Cipo, warga dapat turut berperan aktif menuliskan segala berita yang dialaminya serta harus bisa berkompetisi dengan penulis lain yang juga mengirimkan berita. Kompetisi sehat dan penyaringan inilah yang membuat berita-berita di Cipo layak disajikan bagi masyarakat.

Rata-rata kolom Cipo diisi oleh para mahasiswa. Hal tersebut wajar mengingat naluri mahasiswa masihlah naluri muda yang teramat idealis. Cipo menjadi suara penyalur ide, gagasan akademisi muda kepada masyarakat.

Banyak penulis muda bermunculan melalui kolom ini. Pun saya, memulai menulis secara serius ya dari kolom ini. Pemuatan pertama hingga sekarang yang ke empat puluh lima merupakan bentuk perwujudan nyata aktualisasi diri dalam Cipo.

Halaman
123
Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help