Surya/

Berita Surabaya

Peresmian Dolly Saiki Point jadi Ruang Pamer UKM Eks Lokalisasi

"Ada yang bilang Dolly ini kampung legenda. Ada pula yang bilang Dolly ini kampung seribu cerita. Makanya akan kami tata khusus dululah," ulasnya.

Peresmian Dolly Saiki Point jadi Ruang Pamer UKM Eks Lokalisasi
Surabaya.tribunnews.com/Achmad Zaimul Haq
ARSIP - Delegasi Colombo Plan dari berbagai negara memilih batik di Rumah Batik, kawasan Dolly, Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Eks lokalisasi Dolly terus berbenah usai dialihfungsikan pada ahun 2015 lalu. Dengan cukup banyak warga yang memiliki usaha kecil menengah, saat ini mereka punya ruang pamer baru, yaitu Dolly Saiki Point.

Tempat itu terletak di Putat Jaya Gang Lebar. Setidaknya ada 14 UKM warga terdampak yang memamerkan hasil karyanya di bagunan wisma yang sudah dibeli pemkot tersebut.

"Sekarang kan sudah banyak warga yang membuat usaha di sini, tapi sebelumnya kan masih terpencar-pencar. Nah ini sekarang kita satukan di sini," ucap Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, saat meresmikan Dolly Saiki Point, Sabtu (13/5/2017), sore.

Beberapa UKM yang sudah ada antara lain produsen oleh-oleh samiler, batik tulis, batik jumput, aneka makaanan dan juga minuman. Namun selama ini memang masih diproduksi di rumah masing-masing dan tidak ada tempat untuk menjual dengan terpusat semacam ini.

Lebih lanjut, disampaikan Risma, UKM yang ingin memamerkan produk di sini tidak dipungut biaya dan gratis. Sehingga ia mengimbau ke masyarakat untuk terus berinovasi dan membuat usaha. Selain menyediakan ruang pamer, pemkot juga akan berupaya memberikan fasilitas lebih untuk rumah produksinya.

Ke depan, pemkot akan terus melakukan pembangunan di eks lokalisasi di Dolly dan Jarak. Salah satunya adalah mewujudkan kampung wisata.

"Ada yang bilang Dolly ini kampung legenda. Ada pula yang bilang Dolly ini kampung seribu cerita. Makanya akan kami tata khusus dulu lah," ulasnya.

Salah satunya yang akan dilakukan dalam pengembangan kawasan. Pedestrian di Dolly akan dibangun dengan tea yang khas, pembangunan kampung mural dan juga kawasan terintegrasi.

Begitu juga dengan sistem keamanan. Disampaikan Risma, di sini akan akan dibangunkan sejumlah tempat terpadu. Ada puskesmas, PMI, dan juga kepolisian dan Satpol PP.

"Sudah ada petanya. Sebentar lagi akan kita bangun itu," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help