Surya/

Tak Cuma di Surabaya, Aksi Lilin Juga Digelar di Jombang

Aksi menyalakan lilin seperti yang dilakukan ribuan warga Surabaya, ternyata juga digelar di Jombang. Lihat, begini situasinya...

Tak Cuma di Surabaya, Aksi Lilin Juga Digelar di Jombang
Surabaya.tribunnews.com/Pipit Maulidiya
Aksi seribu lilin di Surabaya diwarnai dengan dukungan untuk Ahok. 

SURYA.co.id | JOMBANG -Aksi menyalakan lilin seperti yang berlangsung di Surabaya, ternyata juga terjadi di Kabupaten Jombang, tepatnya di kawasan Bunderan Ringin Contong, Jumat (12/5/2017) malam.

Dalam aksi itu, puluhan warga menyalakan lilin sebagai bentuk dukungan moral terhadap Gubernur DKI Jakarta non aktif tersebut. Solidaritas yang diberi tajuk 1000 lilin untuk Ahok itu sekaligus protes atas vonis majelis hakim atas Ahok yang didakwa menista agama.

Sekitar pukil 19.00 WIB, puluhan orang itu memadati bunderan ringin contong. Mereka berasal dari DPC (Dewan Pimpinan Cabang) Projo (Pro Jokowi) Jombang dan Badan Kerjasama Gereja-Gereja Seluruh Jombang (BKGSJ) dan komunitas lintas iman.

Baca: VIDEO - Beginilah Suasana Aksi Seribu Lilin di Surabaya. Ada Dukungan untuk Ahok Juga

Hermawan (30) dari sebuah Gereja Katolik di Jombang menambahkan, mengatakan pihaknya bersikap netral atas perkara hukum yang dihadapi oleh Ahok.

"Namun kami berharap pada pihak gereja agar bisa memberikan jaminan pada Ahok agar Pak Ahok mendapatkan keringanan atau penangguhan tahanan,” katanya.

Veri, salah satu peserta aksi menyatakan, vonis dua tahun untuk Ahok sarat dengan nuansa politik. "Karena itu kami protes sekaligus menyuarakan solidaritas atas apa yang dialami Ahok," ujar Veri.

Selain dari ormas Projo dan BKGSJ serta komunitas Lintas Iman, beberapa pengguna jalan yang melintas di lokasi juga ada yang bergabung menyalakan lilin.

Aksi massa di bundaran jantung kota Jombang tersebut dijaga polisi. Polisi sekaligus mengatur lalu lintas di sekitar bunderan ringan contong.

Baca: VIDEO - Bukan Hoax, Ribuan Warga Surabaya Nyalakan Lilin dan Pekikkan Persatuan NKRI

Penulis: Sutono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help