Surya/

Citizen Reporter

Begini Cara Menyenangkan Siswa Al Ghifari Blitar Menghafal Al Quran

banyak cara dilakukan untuk menghafal Al Quran .. ini salah satu cara menyenangkan yang dilakukan siswa Sekolah Alam Al Ghifari Blitar ..

Begini Cara Menyenangkan Siswa Al Ghifari Blitar Menghafal Al Quran
verwati iriani/citizen reporter
Menghafal Al Quran ala sekolah alam Al Ghifari Blitar 

Reportase Verwati Iriani
Pengajar Muda di SMA Alam Al Ghifari Blitar

SEJATINYA menghafal Al Quran tak jauh berbeda dengan menghafal materi pelajaran di sekolah. Butuh cara dan trik khusus untuk menghafalkannya.

Di antaranya, menumbuhkan rasa cinta pada kitab suci Al Quran. Setelahnya, rasuki secara mendalam dan perlahan, lalu mulailah menghafalkannya.

Nah, mengingat Al Quran salah satu pedoman utama di Sekolah Alam Al Ghifari Blitar, cinta Al Quran harus terpatri di sanubari siswa.

Setiap pagi sebelum pembelajaran, siswa wajib mengikuti progam rutin madrasah diniyah (madin). Di kelas madin ini, siswa menghafal ayat demi ayat Al Quran.

Ada trik khusus yang diterapkan siswa saat mengafal Al Quran. Jika sebagian menghafal dengan murajaah dilanjut menambah hafalan, di madin ini siswa memilih berpiknik sembari menghafal Al Quran.

Jamaknya piknik adalah pergi ke suatu tempat untuk bersenang-senang dengan membawa bekal. Nah, setiap siswa diwajibkan membawa bekal, bisa nasi dan lauk pauk, roti, atau jajanan ringan.

Siswa bebas mencari tempat nyaman untuk menikmati bekal dan kegiatan rutin madin. Sebelum memulai madin mereka berdoa terlebih dahulu. Setelah itu guru membuat perjanjian dengan siswa, 20 menit digunakan untuk menikmati bekal, selanjutnya siswa bersama-sama mengulang hafalan Surat Al Baqarah (yang sebelumya sebagian siswa telah hafal). Dilanjutkan dengan menyetorkan hafalan ayat demi ayat baru secara bergantian.

Terbukti siswa sangat antusias. Mereka akan membagi bekal dengan teman-temannya, karena makanan sederhana jika dinikmati bersama akan terasa nikmat. Obrolan-obrolan santai juga menjadi pengikat antar siswa serta siswa dengan guru.

Jadi lengkap pula manfaat yang didapat. Selain hafal ayat demi ayat Al Quran, mereka secara tidak sadar telah menanamkan kebersamaan dan rasa berbagi. Berpiknik sembari menghafal Al Quran ternyata menyenangkan.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help