Surya/

Reportase dari Ceko

Menyimak Dongeng di Chateau Plumlov Ceko

aneka dongeng dikisahkan di chateau Plumlov yang dihadiri banyak wisatawan lokal dan mancanegara .. chateau pun serasa kembali ke abad pertengahan..

Menyimak Dongeng di Chateau Plumlov Ceko
pixabay
ilustrasi 

Reportase Imron W Harits dari Ceko
Pegiat Literasi

PLUMLOV memang hanya desa kecil berjarak 15 menit dari Kota Prostejov di Provinsi Olomouc, Republik Ceko. Namun desa ini pada setiap musim semi terutama di akhir pekan selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal dan asing.

Dua ikon di desa inilah yang menjadi magnet wisatawan, yaitu chateau dan danau yang terletak persis di belakangnya. Terlebih di musim semi di setiap akhir pekan pengunjung dimanjakan dengan berbagai atraksi pertunjukkan bertema dongeng ala kerajaan di jaman keemasan Moravia dan Bohemia, dua kerajaan yang pernah berjaya di Ceko dan Eropa tengah.

Chateau Plumlov memang memiliki keunikan tersendiri dan sering menjadi bahan lelucon di kalangan wisatawan domestik karena bentuknya. Tak seperti chateau dan kastil di Eropa pada umumnya yang memiliki empat sayap utama.

Chateau Plumlov hanya memiliki satu bangunan utama yang cukup tinggi. Konon, chateau yang dibangun pada abad ke 17 oleh Jan Adam of Liechtenstein ini memang dirancang cukup megah dengan desain empat sayap, namun kehabisan dana saat pembangunannya.

Alhasil chateau tersebut terkesan seperti chateau setengah jadi. Istilah chateau sendiri berasal dari bahasa Prancis yang berarti kastil, namun memiliki sedikit perbedaan. Chateau tak memiliki benteng pelindung untuk keamanan, sedangkan kastil memiliki benteng kuat yang mengelilinginya.

Musim semi tiba, festival dongeng kembali menyemarakkan chateau Plumlov dengan berbagai atraksi dan pertunjukan. Dengan tiket masuk 110 Koruna atau sekitar Rp 60 ribu, wisatawan diajak kembali ke abad pertengahan.

Begitu masuk gerbang, terlihat beberapa pandai besi berkostum tradisional kerajaan Moravia tengah membuat berbagai aksesori dan senjata tradisional dengan cara–cara yang tradisional pula.

Atraksi ini cukup menarik karena di Eropa sangat jarang ditemukan cara–cara tradisional pembuatan senjata dan aksesori tradisional dari logam kecuali di saat festival.

Hiburan lainnya adalah atraksi ketangkasan burung elang yang menerbangkan tali dari satu orang ke orang lain dengan jarak tertentu. Burung elang dipilih bukan karena kebetulan, karena elang salah satu burung yang populer dalam dunia dongeng di Ceko, selain burung Merak.

Beralih ke panggung utama yang terletak di depan bangunan utama chateau Plumlov, wisatawan dihibur berbagai pementasan dongeng dengan beragam cerita rakyat khas Eropa Tengah.

Misalnya, cerita Tiga Putri Angsa, Burung Emas, dan dongeng–dongeng popular lainnya.

Puas menikmati berbagai pertunjukkan, wisatawan bisa melanjutkan menyusuri beberapa bagian chateau, menikmati detail-detail keindahan arsitektur bergaya Baroque.

Atau, menikmati panorama alam memesona di belakang dan di bawah chateau berupa hamparan danau jernih yang dikelilingi hutan pinus dan maple. Itulah Podhradsky atau danau di bawah kastil.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help