Surya/

Citizen Reporter

Geliat Literasi Mahasiswa STKIP Al Hikmah Surabaya

memang harus dipaksa agar bisa dan kemudian terbiasa ... jurus yang biasa diterapkan kepada pemula yang meniti jalan literasi..

Geliat Literasi Mahasiswa STKIP Al Hikmah Surabaya
pixabay
ilustrasi 

Reportase Aditya Juliant
Mahasiswa STKIP Al Hikmah Surabaya, Jawa Timur

 

SUDAH sewajarnya bagi mahasiswa untuk berperan aktif di ranah literasi. Itu yang dilakukan mahasiswa STKIP Al Hikmah Surabaya, berlomba-lomba menuliskan karyanya.  

Ada yang mengikuti lomba resensi buku dan desain poster yang diadakan BEM STKIP Al Hikmah, ada yang mengirimkan komentarnya ke media-media cetak, ada pula yang menyelesaikan penelitian.

Aksi tersebut mereka lakukan untuk merayakan  hari buku dunia, 23 April 2017. Meski diselingi berbagai jadwal kuliah dan ma’had yang padat, mereka tetap mampu meluangkan waktu untuk aktif melahirkan karya.

Setiap apel pagi sebelum perkuliahan, dipandu Toyib Alba, Ketua Departemen Literasi BEM STKIP Al Hikmah, dilakukan evaluasi yang kian mendorong mahasiswa membumikan karya-karya mereka.

"Membacalah maka kamu akan mengenal dunia, dan menulislah maka dunia akan mengenalmu,” ujar Toyib yang tak lelah mengingatkan para mahasiswa.

Begitu juga beberapa poster menarik yang ditempel di depan ruang perkuliahan untuk memberikan suntikan positif agar api semangat menulis mahasiswa tetap menyala.

Lomba resensi buku dan desain poster yang diselenggarakan bukan hanya untuk kalangan internal saja, namun beberapa peserta dari kalangan umum juga mengikuti lomba yang  tersebut.

Tentu hal ini membawa misi untuk meningkatkan budaya membaca dan menulis masyarakat.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help