Surya/

Kemacetan di Jalur Mudik Alternatif

Ingin Hindari Macet di Perempatan Duduksampeyan? Coba Lewati Rute-rute Alternatif ini

Ingin menghindari kemacetan parah di perempatan Duduksampeyan? Sebaiknya anda pertimbangkan untuk melewati rute-rute alternatif berikut ini.

Ingin Hindari Macet di Perempatan Duduksampeyan? Coba Lewati Rute-rute Alternatif ini
surabaya.tribunnews.com/M Taufik
Beginilah suasana di perempatan Duduksampeyan yang selalu diwarnai kemacetan, khususnya di jam-jam sibuk. 

SURYA.co.id | GRESIK - Jika arus lalu lintas di Perempatan Duduksampeyan, Gresik, macet parah, ada beberapa jalur alternatif yang bisa dilewati.

Jalur alternatif dari Gresik Kota atau Surabaya, saat tiba di Terminal Bunder belok kiri terus sampai Morowudi, Benjeng, Balongpanggang, kemudian bisa ke arah Mojokerto atau ke kanan menuju Kota Lamongan.

Demikian sebaliknya, dari barat bisa belok ke kanan lewat Kota Lamongan kemudian ke Tikung, Mantub, Balongpanggang dan seterusnya tembus ke Terminal Bunder.

“Jalannya mayoritas bagus dan nyaman untuk dilewati. Dan saat musim mudik lebaran, jalur-jalur tersebut selalu kami beri rambu atau imbauan agar bisa dimanfaatkan sebagai jalur alternatif,” ungkap Andhy Hendro Wijaya, Kepala Dishub Gresik.

Sementara jalur alternatif lain adalah melintasi Jalan Raya Daendels atau jalur pantura yang berada di bagian utara Gresik-Lamongan-Tuban. Dari Surabaya atau Kota Gresik, jalan ini bisa ditempuh lewat exitt tol Manyar, terus ke barat melintasi Sembayat, Sidayu, WBL (Paciran), dan terus ke barat sampai tembus Kota Tuban.

Sebaliknya, dari Kota Tuban langsung mengambil jalur utara menuju WBL.

“Di sepanjang jalan, juga ada sejumlah pertigaan yang menghubungkan ke sejumlah wilayah selatan di Lamongan. Jadi, jalur ini efektif untuk warga Lamongan utara yang hendak mudik atau balik saat lebaran nanti,” sambung Andhy.

Sepanjang jalan kondisi juga cukup bagus. Jika beberapa waktu lalu ada sejumlah titik kemacetan di Manyar Gresik, sekarang sudah nyaris tidak ada. Sebab, persoalan macet beberapa waktu lalu karena jalan rusak. Karena sudah diperbaiki, kemacetan pun sudah bisa diurai.

“Yang berpotensi macet ada di Jembatan Sembayat, karena proses pembangunan jembatan kembar belum selesai. Namun, karena saat lebaran kendaraan besar tidak boleh melintas, kami rasa potensi kemacetan di Sembayat tidak besar,” urainya.

Titik kemacetan lain yang ada di Gresik saat lebaran, juga diprediksi terjadi di Perempatan Legundi. Namun, setelah ada kabar bahwa Tol Surabaya-Mojokerto dan Mojokerto-Kertosono bakal dioperasikan, potensi macet di sana pun diprediksi tidak terlalu besar. 

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help