Surya/

Lifestyle

Chakra Yoga Bukan Gerakan Biasa, tetapi Menyangkut Tiga Hal ini

Salah satu teknik dalam yoga yang mulai jarang ditemui yaitu Chakra Yoga. Teknik pengenalan diri dengan membuka Chakra di sejumlah titik dalam tubuh.

Chakra Yoga Bukan Gerakan Biasa, tetapi Menyangkut Tiga Hal ini
surya/sulvi sofiana
Peserta 'Karma Chakra Yoga' yang mempelajari teknik gerakan yoga untuk pengenalan dan penekanan pada titik chakra di halaman di sisi kolam Gunawangsa MERR, Minggu (7/5/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA – Gaya hidup sehat telah menjadikan yoga sebagai salah satu olahraga pilihan. Tujuan untuk berlatih yoga juga berbeda-beda seperti yoga untuk kesehatan, yoga untuk kebatinan dan juga berlatih yoga untuk meningkatkan kesadaran spiritualnya.

Salah satu teknik dalam yoga yang mulai jarang ditemui yaitu Chakra Yoga. Yaitu teknik pengenalan diri dengan membuka Chakra di sejumlah titik dalam tubuh.

Instruktur yoga dari Bali, Luh Devie menjelaskan kebiasaan masyarakat untuk menjadikan yoga sebagai bagian dari kegiatan fisik.

Padahal menurutnya, yoga bisa dijadikan sebagai media dalam pengenalan diri. Sehingga mengetahui kekurangan diri dan bisa memperbaikinya melalui sejumlah gerakan yoga.

“Chakra yoga fokus pada 7 energi, tidak hanya asana dan gerak. Tetapi teknik pernafasan, teknik penguncian energi, meditasi, hingga afirmasi,”jelasnya usai menjadi instruktur dalam ‘Karma Chakra Yoga” open class Urban Fitness and Studio, Minggu (7/5/2017).

Dikatakannya, Chakra yoga bukan hanya sebuah gerakan biasa, seperti dalam olah raga umumnya tetapi yoga juga menyangkut chakra, energy dan kesadaran. Dalam yoga yang berlangsung sekitar 1,5 jam tersebut, ia memberikan latihan dalam menganalisa dulu energi, menganalisa chakra, dan melihat secara batin keadaan tubuh diri sendiri. Jika terus dipelajari, Chakra yoga dapat langsung untuk mengatasi masalah dalam diri seseorang.

“Yoga ini saya minta diadakan secara gratis sebagai bentuk Karma, atau pengabdian saya untuk memberikan sesuatu pada masyarakat tanpa meminta imbalan atau timbal balik,” lanjutnya.

Sekitar 100 orang mengikuti yoga di sekitar kolam renang Gunawangsa Merr tersebut. Mereka terlihat antusias dan seksama mengikuti gerakan yoga dari instruktur yang telah 7 tahun mengajar yoga pada warga asing di Bali tersebut.

Verawaty Budianto, CEO Urban Fitness and Studio menjelaskan kegiatan open class menjadi kegiatan rutin di Urban Fitness and Studio. Open class ini kerap menghadirkan instruktur tamu yang memberikan mater diluar kelas reguler di studionya.

“Cakra dan yoga biasa beda. Biasanya cuma asana atau gerakan yang bertumpu pada fisik. Kalau cakra yoga lebih pada healing atau penyembuhan,” lanjutnya.

Menurutny, di kelas reguler yoga juga kerap memasukkan cakra yoga sebagai bagian dari gerakan yoga. Dengan lebih banyak pernafasan, memaksimalkan fungsi tubuh dan fungsi jantung. Sebab, yoga bisa divariasikan dengan berbagai gerakan.

“Kebanyakan orang ikut yoga masih mikirin masalah macam-macam, cakra yoga ini diajak mengenali diri sendiri. Hanya mikirin presure hari ini saja,” lanjutnya.

Ia memisalkan, seseorang bisa mengetahui kondisi fisiknya yang minim dilihat orang. Seperti jadi tahu kakinya tidak sama, badan miring dan kondisi fisik lainnya. Sehingga bisa menyembuhkannya sendiri melalui yoga dengan penekanan pada titik chakra yang ada.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help