Single Focus

Waria dan Homoseks 12 Tahun Divonis HIV, Yakin Hidup Lama, kini Jadi Motivator Pasien HIV

"Kami mendapat tugas rutin mendampingi pasien HIV baru. Tidak saja mengambilkan obat atau membantu pasien, tapi juga membesarkan hati mereka."

Waria dan Homoseks 12 Tahun Divonis HIV, Yakin Hidup Lama, kini Jadi Motivator Pasien HIV
surya/achmad zaimul haq
RELAWAN - Mbah Ji (depan) dan Robi (bukan nama sebenarnya) merupaka dua relawan yang siap membantu pasien HIV/AIDS yang ditinggal keluarganya saat dirawat di Unit Perawatan Intermediet dan Penyakit Infeksi (UPIPI) RSUD dr Soetomo Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Penampilan Om Jin dan Robi (bukan nama sebenarnya) pada Kamis (4/5/2017) segar bugar di RSU Dr Soetomo Surabaya.

Keduanya adalah orang dengan HIV/AIDS (ODHA) yang kini menjadi pendamping pasien baru HIV di rumah sakit itu.

Mereka bahkan motivator utama pasien-pasien baru itu. Pasien itu merasa hidup mereka makin panjang saat keduanya bicara dari hati ke hati dengan keduanya.

"Kami mendapat tugas rutin mendampingi pasien HIV baru. Tidak saja mengambilkan obat atau membantu pasien, tapi juga membesarkan hati mereka," ucap Robi.

Pada 12 tahun lalu, RSU Dr Soetomo memvonis mereka positif HIV. Kini keduanya dipercaya rumah sakit milik Pemprov Jatim ini untuk mendapat tugas pokok sebagai motivator sebaya.

Saat mendengar bahwa mereka terserang penyakit mematikan HIV pada 2005 lalu, Om Jin dan Robi hanya membayangkan bahwa dua tiga bulan lagi hanya akan tinggal nama.

Apalagi saat itu, hanya keluarga yang bisa menjadi tempat satu-satunya penyemangat.
Om Jin adalah waria asal Lamongan yang jadi buruh pabrik di Margomulyo Surabaya.

Sedangkan Robi adalah pegawai restoran. Akibat pergaulan bebas mereka, keduanya harus mendapat cobaan terberat dalam hidup mereka.

Sebagai waria, Om Jini usai bekerja di pabrik mangkal di Margomulyo.

"Biasa, melayani yang mau saja," kenang Om Jin.

Halaman
123
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help