Properti

Rumah123 : Konsumen Properti Didominasi Kalangan Usia Produktif

Harga properti yang terus naik tidak diimbangi dengan kenaikan pendapatan konsumen. Tetapi, survey menunjukkan pembeli rumah didominasi anak muda.

Rumah123 : Konsumen Properti Didominasi Kalangan Usia Produktif
surabaya.tribunnews.com/Sugiharto
Head of customer marketing rumah123, Fanny Meilana, GM Sales rumah123, Maria Manik dan Ketua Apersi Jatim, Supratno berdialog usai menyampaikan paparannya terkait properti, Kamis (4/5/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pasar properti di Indonesia sepanjang kuartal I tahun 2017 masih mengalami pelemahan karena harga properti yang tinggi tidak diimbangi dengan kenaikan pendapatan konsumen, khususnya menengah ke bawah. 

Kondisi ini mendorong situs penjualan properti online, Rumah123, agresif melakukan edukasi pasar. 

"Harapan membaiknya pasar properti indonesia pada 2017 ini masih belum padam. Masuk sebagai salah satu kebutuhan utama, hunian memang menjadi mimpi banyak orang. Sayangnya, tak banyak yang mengetahui dengan jelas kapan dan bagaimana mimpi itu bisa diwujudkan," kata Fanny Meilana, Head of Customer Marketing Rumah123, saat acara Paparan Hasil Sentimen Survey di Surabaya, Kamis (4/5/2017).

Lebih lanjut Fanny mengatakan bahwa sentimen survey terkait tren perilaku pasar properti di Indonesia dan data yang berhasil diolah tim Business Intelligence Rumah123, pasar properti di indonesia masih sangat menjanjikan dari sisi jumlah konsumen.

Survei menunjukkan konsumen properti Indonesia masih tumbuh. Sesuai isu bonus demografi saat ini, konsumen properti juga didominasi kalangan usia produktif.

“Konsumen first time home buyer (konsumen yang baru pertama kali membeli rumah untuk hunian.red) masih menjadi pasar paling besar. Dari data profilnya, 60 persen responden survei ini belum memiliki huniannya sendiri," jelas Fanny.

Survei menunjukkan 46 persen responden masih tinggal bersama orangtua, atau di rumah warisan, dan sekitar 26 persen menyewa atau mengontrak. Sisanya adalah mereka yang sudah memiliki hunian sendiri.

Meski paling besar dari sisi jumlah, para first time home buyers ini masih membutuhkan edukasi dan arahan tentang bagaimana mewujudkan mimpi mereka dengan lebih cepat.

"Tinggal sebut saja kesesuaian spesifikasi hunian yang sejalan dengan penghasilan," tambah Maria Sirait, General Manager Sales - Developer and Banking Rumah123.com.

Saat ini, pihaknya sudah menggandeng lebih dari 400 developer untuk memasarkan secara online.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help