Lipsus

VIDEO - Tol Moker Bisa Urai Kemacetan di Mengkreng, Kertosono

“Kalau bisa difungsikan, Tol Moker ini sangat membantu mengurangi volume kendaraan di jalan nasional saat mudik lebaran nanti,” kata Samsul Chair.

SURYA.co.id | SURABAYA - Rencana pengoperasian ruas Tol Mojokerto-Kertosono (Moker) maupun Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) saat arus mudik Lebaran 2017 diharapkan dapat memecah kepadatan kendaraan di jalur nasional Surabaya-Madiun.

Terutama untuk mengurangi kemacetan lalu lintas yang kerap terjadi di Simpang Mengkreng, Kertosono, saat arus mudik.

“Kalau bisa difungsikan, Tol Moker ini sangat membantu mengurangi volume kendaraan di jalan nasional saat mudik lebaran nanti,” kata Samsul Chair, Kepala Divisi Pelaksana Proyek Tol Mojokerto-Kertosono, Kamis (27/4/2017).

Seperti diketahui, setiap arus mudik lebaran volume kendaraan di jalur nasional Surabaya-Madiun sangat padat.

Penumpukkan kendaraan sering terlihat di Simpang Mengkreng, karena Simpang Mengkreng menjadi titik pertemuan arus kendaraan dari arah Kediri, Nganjuk, dan Jombang.

Di lokasi itu juga terdapat perlintasan kereta api (KA) yang memaksa semua kendaraan harus berjalan lambat. Belum lagi, banyaknya kendaraan pribadi maupun kendaraan umum yang berhenti di kanan-kiri jalan di sepanjang jalan itu.

Untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di titik itu (Simpang Mengkreng), Pemprov Jatim berencana memfungsikan Tol Moker untuk jalur mudik Lebaran 2017.

Ruas Tol Moker akan difungsikan satu jalur untuk arus mudik dari Kertosono menuju Surabaya.

Pada arus mudik nanti, semua kendaraan dari Ponorogo, Madiun, Ngawi, Nganjuk diarahkan belok kiri di Perempatan Kertosono yang lokasinya sebelum Pertigaan Mengkreng.

Dari Perempatan Kertosono melalui jalan kabupaten menuju Jembatan Brantas yang masuk wilayah Tol Solo-Kertosono.

Halaman
12
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved