Berita Surabaya

Jadi Ketua Karang Taruna Jatim, ini Program Kerja Agus Maimum

Dengan dipercayakannya jabatan baru tersebut, Agus pun optimis dapat memaksimalkan peran pemuda.

Jadi Ketua Karang Taruna Jatim, ini Program Kerja Agus Maimum
surya/bobby constantine koloway (Bobby)
Agus Maimun (kiri) mendampingi Gus Ipul pada acara temu karya daerah (TKD) Forum Pengurus Karang Taruna Provinsi Jatim di Hotel Mercure Surabaya, Sabtu (29/4/2016). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Hanya berselang sehari setelah ditunjuk sebagai ketua fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) di DPRD Jatim, Agus Maimun kembali mendapat jabatan sebagai pucuk pimpinan.

Adalah organisasi pelat merah berbasis kepemudaan, Karang Taruna Jatim, yang mempercayainya menjadi ketua periode 2017-2022.

Agus terpilih sebagai ketua pada temu karya daerah (TKD) Forum Pengurus Karang Taruna Provinsi Jatim di Hotel Mercure Surabaya, Sabtu (29/4/2016).

Ia unggul mutlak atas dua pesaingnya pada hasil voting di acara tersebut.

Dengan dipercayakannya jabatan baru tersebut, Agus pun optimis dapat memaksimalkan peran pemuda. Di antaranya dalam mengentaskan kemiskinan melalui kegiatan kepemudaan. Salah satunya, dengan ikut memaksimalkan kegiatan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) yang berbasis para pemuda.

"Ada satu dua program yang menjadi program prioritas kami dalam jangka dekat. Di antaranya, kami akan menjadikan karang taruna sebagai wadah pengentasan kemiskinan. Kami akan mengajak pemuda untuk meningkatkan UMKM," kata Agus kepada Surya.co.id, Minggu (30/4/2017).

Sebab, menurut anggota komisi B yang membidangi perkonomian ini, sektor UMKM menjadi salah satu penopang peningkatan ekonomi di Jatim.

"Mengapa UMKM? Karena di Jatim, UMKM menyumbang sebesar 54 persen dari total PDRB (Produk Domestik Regioal Bruto)," ulasnya.

Selain mengentaskan kemiskinan, dengan menggiatkan UMKM, Agus optimis dapat menghidarkan pemuda dari berbagai gaya hidup negatif. Di antaranya, penyalahgunaan narkoba.

"Karang Taruna kami harapkan juga dapat menjadi ujung tombak dalam menanggulangi narkoba. Sebab, narkoba telah menjadi common enemy bagi pemuda," kata Agus.

"Sehingga, dengan adanya kegiatan karang taruna yang terstruktur hingga ke desa, kami optimis akan ikut membantu memerangi narkoba," pungkas Agus.

Sedang wakil gubernur Jatim, Syaifullah Yusuf, juga berharap besar kepada karang taruna untuk ikut membantu pengentasan kemiskinan.

"Prioritas kami, kami berharap bahwa karang taruna bisa membantu mengangkat kesejarahteraan keluarga prasejahtera," kata pria yang akrab disapa Gus Ipul tersebut.

"Caranya seperti apa? Milsanya denga berbagai program, konkret seperti membantu perbaikan rumah, pembuatan sanitasi, hingga penyediaan air bersih. Dengan background pengurus kaktar yang biasanya seorang aktifis, saya kira akan bisa melaksanakan haol tersebut," pungkas Gus Ipul.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved