Berita Surabaya

Aksi Gagal Diredam, Besok Puluhan Ribu Buruh Serbu Kantor Gubernur, begini Tuntutan Mereka

"Pak Gubernur siap menemui buruh di Jl Pahlawan. Sementara pusat Hari Buruh di Jatim dipusatkan di GOR Sidoarjo bersama Pak Menteri Tenaga Kerja."

Aksi Gagal Diredam, Besok Puluhan Ribu Buruh Serbu Kantor Gubernur, begini Tuntutan Mereka
surya/nuraini faiq
Aksi buruh seperti ini besok bakal mewarnai peringatan hari buruh (may day) di Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Upaya Disnakertrans untuk meredam dan membujuk puluhan ribu buruh di Jatim untuk tidak turun jalan saat Hari Buruh, Senin (1/5/2017) gagal.

Imbauan Disnaker agar demo yang humanis tanpa turun jalan bakal tak digubris. Disnaker minta aksi cukup cluster di daerah-daerah kalau pun ke Surabaya bisa lebih humanis.

Disnaker tak melarang mengerahkan massa puluhan ribu ke Kantor Gubernur. Puluhan ribu buruh disuruh menggelar kegiatan sosial saja.

Misalnya dengan membagi sembako, panggung hiburan, jalan sehat, atau karnaval. Namun, Aksi turun jalan bagi puluhan ribu buruh Jatim sulit dibendung.

"Masak kami diminta ikuti lomba-lomba. Buruh itu ya harus berjuang di jalan, bukan karnaval," kata Ketua DPW Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) Jatim, Zulkhoir, Minggu (30/4/2017).

Hal yang sama disampaikan Wakil Ketua DPW Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Jatim, Nurudin. Akan ada 30 ribu buruh yang sepakat turun jalan.

"Ada 20 ribu teman-teman buruh yang siap turun jalan besok bersama-sama berjuang menuntut hak. Kami akan demo ke kantor Gubernur. Cabut Pergub UMSK," kata Nurudin.

Selain itu, mereka juga mendesak Gubernur Jawa Timur segera menetapkan UMSK 2017 untuk Kabupaten Mojokerto dan Gresik.

Kedua daerah ini gagal menerapkan Upah Minimum Sektoral Kabupaten/Kota (UMSK) karena kepala daerah itu tak menyerahkan usulan UMSK ke gubernur.

Besaran UMSK adalah besaran UMK Rp 3,2 juta ditambah minimal 5 persen.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help