Surya/

Reportase dari Korea

Inspirasi Kebaikan dari Negeri Ginseng

Korea memang menawarkan mimpi yang membuat banyak kaum muda Indonesia terserang demam .. masih banyak kebaikan negeri ginseng yang laik diadopsi...

Inspirasi Kebaikan dari Negeri Ginseng
ruth henny djajanto/citizen reporter
ilustrasi 

Reportase Ruth Henny Djajanto dari Korea Selatan
Mahasiswi FIKOM Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dari Korea Selatan

BEBERAPA tahun belakangan ini masyarakat Indonesia tak terlepas dari fenomena demam Korea Selatan atau yang Korean Wave. Fenomena ini terjadi karena keterbukaan khususnya para remaja Indonesia terhadap Korean drama, reality show, K-Pop, boyband, girlband, fashion dan makanan. Korea Selatan pun menjadi salah satu daftar negara impian untuk dikunjungi.

ASEAN Youth Friendship Network (AYFN) yang berpusat di Yogyakarta mengadakan program Korean Cultural Camp di Seoul, Korea Selatan, 10-15 April 2017 silam. Berada di Korea Selatan selama beberapa hari, terlihat perbedaan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan Indonesia. Hal pertama yang sangat terasa berkaitan dengan kebersihan.

Beberapa tempat keramaian seperti di Insadong dan Dongdaemun, sangat sulit menemukan tempat sampah walaupun terdapat banyak pedagang kaki lima atau penjual street food. Anehnya, kita bisa melihat kondisi jalanan yang tetap bersih terbebas dari sampah.

Hal kedua yang tak terlupakan adalah minimnya kasus pencurian di Korea. Kasus pencurian di beberapa negara pastinya masih bergulir, hanya saja perbedaannya apakah kasus tersebut berada di tingkat tinggi atau rendah. Kejadian ketinggalan barang seringnya berujung pada kehilangan.

Seorang teman lupa meninggalkan kamera SLR di salah satu kursi dalam Cheongnyangni Station saat hendak menuju ke Nami Island. Sore harinya, petugas stasiun mengonfirmasi jika tak menemukan kamera di tempat yang telah disebutkan. Dengan penyesalan dan rasa putus asa, kami kembali ke hotel.

Sungguh mengejutkan, saat di malam hari seorang wanita Korea menghubungi dan mengaku jika dirinya mengambil kamera tersebut untuk mengamankannya dari orang lain. Ia juga menawarkan untuk mengirim kembali kamera tersebut.

Terkesan sederhana jika manusia saling membantu sesama, tetapi coba bayangkan jika kejadian tersebut berlangsung di Indonesia.

Bukannya meragukan negara sendiri, tetapi berapa banyak kejadian ponsel genggam yang menghilang setelah sesaat tertinggal di toilet umum, laptop yang menghilang di lingkungan kampus dan dompet yang raib setelah jatuh di jalan.

Gedung tinggi, pemandangan alam indah, makanan enak, fashion yang menarik, semua hal tersebut tidak hanya ada di Korea Selatan tetapi juga di Indonesia. Rasa bangga terhadap tanah air menjadi semakin tinggi, seiring dengan tingginya angan untuk melihat Indonesia menjadi lebih baik. Berawal dari hal sederhana, semuanya bisa dimulai dari diri sendiri.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help