Surya/

Berita Sumenep Madura

Setelah 4 Bulan Akhirnya 23 Ribu Ton Raskin Sumenep Segera Disalurkan

Setelah empat bulan ditunggu, raskin untuk ratusan ribu keluarga prasejahtera di Kabupaten Sumenep, Madura, bakal segera diturunkan.

Setelah 4 Bulan Akhirnya 23 Ribu Ton Raskin Sumenep Segera Disalurkan
surabaya.tribunnews.com/Mohammad Rivai
Tumpukan beras Raskin di Gudang Bulog, Di Desa Kalimook, Kecamatan Kalianget, Sumenep, Madura. 

SURYA.co.id | SUMENEP - Setelah empat bulan, akhirnya beras untuk keluarga miskin (raskin) di Kabupaten Sumenep, akan segera turun. 

Raskin tahun 2017 sebanyak 23.043 ton itu rencananya akan diserahkan kepada 128 ribu keluarga prasejahtera se-kabupaten Sumenep

Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Setkab Sumenep, Hery Kuncoro Pribadi mengatakan, saat ini mereka sudah memegang data nama-nama penerima raskin

" Saat ini daftar masyarakat penerima manfaat raskin itu sudah dikirim ke kecamatan-kecamatan untuk dicetak dan disampaikan ke desa-desa," ujar Hery Kuncoro, Minggu (23/4/2017).

Dikatakan  Hery, Daftar Penerima Manfaat ( DPM ) sebelumnya berbentuk compact disc, dan selanjutnya setelah dicetak oleh masing-masing desa dan kelurahan, maka desa dan kelurahan atas desa harus segera mengadakan musyawarah desa (musdes).

Kegiatan musdes dimaksudkan untuk mengecek apakah nama-nama penerima manfaat itu memang ada di desanya, serta untuk mengecek apakah daftar nama yang tertera dalam DPM masih hidup atau sudah meninggal dunia.

"Atau jika ada kemungkinan nama-nama yang ada dalam DPM ditemukan sudah pindah alamat, tercatat ganda atau dinyatakan tidak layak lagi sebagai penerima manfaat karena sudah sejahtera," lanjut Hery.

Setelah proses pengecekan selesai, maka desa atau kelurahan akan menyampaikan ke kecamatan dan dilanjutkan ke Pemkab.

Selanjutnya, pemkab akan mengirimkan hasil verifikasi tersebut ke Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

" Kami telah mensosialisasikan percepatan penyerapan program raskin baik di tingkat Kecamatan maupun desa. Selain itu, kami meminta Gudang Bulog di Kalianget mempersiapkan stok berasnya," imbuhnya.

Lebih rinci, data rumah tangga penerima manfaat raskin di 27 kecamatan se Kabupaten Sumenep tahun 2017 sebanyak 128.016 keluarga dengan jumlah pagu per bulan 1.920 ton lebih atau 23.042 ton setahun. Jumlah penerima dan pagu raskin tersebut naik dibanding tahun 2016 lalu. 

Penulis: Moh Rivai
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help