Surya/

Berita Surabaya

Sri Mulyani dan Perempuan Penjual Gorengan, 'Sosok Kartini' Idola Gus Ipul

Apa persamaan Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan perempuan penjual gorengan? Yang jelas, keduanya sama-sama diidolakan Gus Ipul. Kok bisa? baca ini..

Sri Mulyani dan Perempuan Penjual Gorengan, 'Sosok Kartini' Idola Gus Ipul
surabaya.tribunnews.com/Achmad Pramudito
Gus Ipul berfoto bersama para penonton film Kartini lainnya, Jumat (21/4/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - H Syaifullah Yusuf, Wakil Gubernur Jawa Timur, ternyata punya sosok idola yang disebutnya sebagai 'Kartini Modern'. 

Menurut pria yang akrab disapa Gus Ipul ini, tokoh itu adalah Sri Mulyani, Menteri Keuangan di era pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Sosok Kartini modern itu ya Sri Mulyani. Selain itu juga tentu ibu saya. Juga istri saya," begitu tegas Gus Ipul ketika ditanya media, Jumat (21/4/2017).

Pernyataan itu dilontarkan Gus Ipul di tengah acara Ngopi Bareng Sambil Nonton Film Kartini yang diadakan di The Premiere XXI Ciputra world Surabaya. 

Selain itu, lanjut Gus Ipul, ibu-ibu penjual gorengan yang berjuang keras untuk menyekolahkan anaknya juga layak disebut sebagai 'Kartini Modern'.

"Kerja kerasnya layak diapresiasi. Karena tak banyak yang mampu berbuat seperti mereka ini," imbuhnya.

Hari itu, Gus Ipul mengajak puluhan pejabat SKPD di lingkungan Pemprov Jawa Timur, kalangan akademisi, dan para pimpinan media massa se- Surabaya untuk menyaksikan film garapan sutradara Hanung Bramantyo tersebut.

Gus Ipul menegaskan, banyak yang bisa diteladani dari film Kartini yang diangkat dari kisah nyata perjalanan hidup dan tantangan yang dialami Raden Ajeng Kartini.

Menurut Gus Ipul, sosok Kartini berusaha mempertahankan nilai lama yang baik sambil terima nilai baru yang lebih baik.

Semangat inilah yang jadi inspirasi untuk mendorong wanita-wanita di Jawa Timur agar makin berdaya dan kuat.

“Dampak dari penguatan itu adalah akan makin mempercepat proses pembangunan di wilayah ini, baik di sisi pendidikan, kesehatan, ekonomi, maupun politik, selain kegiatan rumah tangga atau domestik yang tetap mereka lakukan,” katanya.

Penulis: Achmad Pramudito
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help