Lifestyle

VIDEO - Akibat Alergi Hebat Yuliani kini Menguasai Naturopati dan Oriental Medicine

"Saya sejak kecil menderita alergi berat, sehingga banyak usaha yang saya lakukan untuk sembuh. Di tanah air saya tidak menemukan kesembuhan."

SURYA.co.id | SURABAYA - Gara-gara alergi 32 macam bahan makanan, membawa Dr Yuliani Chandranata ND MSAOM Lac BSc menggeluti naturopati suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang kehidupan, dimana sakit atau kelainan yang disimptoms-kan atau ditampakkan oleh reaksi tubuh, dipelajari secara keseluruhan, termasuk lingkungan hidup dan sebab akibatnya sehingga muncul reaksi tubuh sebagaimana ditampakkan.

"Saya sejak kecil menderita alergi berat, sehingga banyak usaha yang saya lakukan untuk sembuh. Di tanah air saya tidak menemukan kesembuhan, saat itulah saya ditangani oleh dokter naturopati sehingga saya menemukan kesembuhan," kata Yuliani, Jumat (21/4/2017).

Sejak itulah kemudian menggeluti ilmu naturopati hingga 11 tahun. Kenapa sampai sebegitu lama? Menurutnya, untuk bisa disebut dokter naturopati banyak hal yang harus dipelajari. Ia memberi penjelasan bahwa ia memperoleh gelar itu ya mirip sekolah S1 sampai S3.

"Jenjang S1 lama pendidikannya seklitar empat tahun, kemudian lanjut S2 dan S3 sehingga total waktu ya 11 tahun itulah," katanya saat ditemui di sela-sela acara workshop pembekalan bagi anggota Aspetri Jatim, Kamis (20/4/2017).

Apa beda naturopati dengan kedokteran konvensional (medis)? Menurutnya seorang dokter naturopati disamping mempelajari ilmu kedokteran (medis) juga belajar hal-hal lain seperti mempelajari nutrisi, herbal, homeopati, hidroterapi, fisio terapi.

"Dokter naturopati juga diajari melakukan bedah, tapi cuma minor saja, tidak seperti dokter bedah (medis)."

Naturopathy adalah ilmu yg mempelajari tentang kehidupan, dimana sakit penyakit atau kelainan yang di simptoms-kan atau ditampakkan oleh reaksi tubuh, dipelajari secara keseluruhan, termasuk lingkungan hidup dan sebab akibatnya sehingga muncul reaksi tubuh sebagaimana ditampakkan.

Intinya, dalam naturopati penyakit atau kelainan tubuh tdk hanya dilakukan perbaikan terhadap kelainan tersebut, tetapi juga mengeliminasi penyebabnya, sehingga dalam pemberdayaan tubuh, dicapai hasil yang optimal.

Pemberdayaan tubuh tidak dilakukan dengan obat yg pada umumnya merupakan chemical, tetapi menggunakan nutrient tertentu dengan dosis dan penggunaan tertentu sehingga tubuh dapat memberdayakan nutrient tadi utk melakukan penyembuhan secara natural.

"Naturopati memandang tubuh sebagai satu kesatuan (body, soul and mind), jadi tidak tersekat-sekat, karenanya seorang naturopati kalau memeriksa waktunya lama karena soal psikis juga ditanyakan," paparnya.

Naturopati di AS dan Kanada sudah diakui resmi sebagai sistem kesehatan, sehingga orang yang berobat kepada dokter naturopati juga dijamin asuransi seperti halnya orang yang berobat pada dokter (medis).

Selain belajar naturopati Yuliani juga belajar herbal dan akupuntur yang kita kenal dengan oriental medicine. ia mempelajarinya karena naturopati dengan oriental medicine saling melengkapi juga ada kemiripannya juga.

"Dengan menguasai dua keahlian saya jadi punya banyak pilihan untuk menyembuhkan seseorang," seraya menambahkan manusia itu unik satu sama lainnya karena sejak lahir punya bawaan (konstitusi tubuh yang tidak sama, sehingga cara menyembuhkannya juga berbeda. (rr)

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help