Surya/

Menuju Pilgub Jatim

Halim Rencana Deklarasi Cagub Saat Nuzulul Qur'an

Abdul Halim Iskandar berencana mendeklarasikan diri sebagai Cagub Jatim bersamaan dengan momentum Nuzulul Quran.

Halim Rencana Deklarasi Cagub Saat Nuzulul Qur'an
surabaya.tribunnews.com/Bobby Constantine Koloway
Ketua DPW PKB Jawa Timur, Abdul Halim Iskandar. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Halim Iskandar, semakin serius dalam rencana pencalonan dirinya sebagai Gubernur Jawa Timur mendatang.

Meski Pilkada masih menyisakan waktu sekitar satu tahun lagi, Halim, begitu pria ini disapa, akan segera mendeklarasikan diri sebagai cagub dalam waktu dekat.

Halim menjelaskan, ia akan memilih waktu deklarasi pada pertengahan bulan Ramadhan.

"Insya Allah saya akan memilih waktu pendeklarasian pada saat Nuzulul Qur'an," ujar halim kepada Surya.

Nuzulul Qur'an merupakan hari dimana Al-Quran (kitab suci agama Islam) kali pertama diturunkan kepada Nabi Muhammad. Umat Islam memperingati hari Nuzulul Quran tiap tanggal 17 Ramadhan pada penanggalan tahun bulan.

Tahun ini, waktu tersebut akan jatuh di sekitar pertengahan Juni atau sekitar dua pekan sebelum perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Halim tak menjelaskan alasan khusus mengapa memilih waktu tersebut. Namun, penegasan ini sekaligus mematahkan beberapa isu yang mengatakan Halim mundur dari bursa bakal calon gubernur (bacagub).

Memang, dibandingkan dengan beberapa bakal calon gubernur yang lain, kepopuleran Halim sebagai bacagub memang kurang diperhitungkan. Sehingga, banyak spekulais muncul bahwa PKB akan mengusung calon lain.

Meskipun demikian, Halim yang disokong oleh PKB sebenarnya sudah cukup untuk memenuhi syarat pencalonan sebagai cagub tanpa perlu melakukan koalisi dengan partai lain.

Di DPRD Jatim, PKB menjadi fraksi dengan anggota terbanyak, yakni 20 kursi, yang juga menjadi syarat minimal untuk pencalonan seorang gubernur. PKB menjadi satu-satunya partai yang memenuhi persyaratan ini.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help