Surya/

Berita Surabaya

Gus Ipul Bertekad Dorong Sineas Daerah lewat Festival Film

“Sebetulnya, banyak anak Jatim yang kreatif, tapi sayangnya (mereka) tidak tinggal di Jatim,” cetusnya.

Gus Ipul Bertekad Dorong Sineas Daerah lewat Festival Film
surya/ahmad pramudito
H Syaifullah Yusuf, Wakil Gubernur Jawa Timur bersama para pimpinan media Surabaya, kalangan akademisi, dan pejabat SKPD Pemprov Jatim pamer busana sorjan plus blangkon sebelum nonton bareng flm Kartini, di The Premiere XXI Ciputra World Surabaya, Jumat (21/4/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - H Syaifullah Yusuf, Wakil Gubernur Jawa Timur meyakini di daerah ini punya banyak sineas berpotensi.

Namun, karena tidak didukung modal dan teknologi memadai akhirnya mereka tidak mampu menghasilkan karya seperti sineas Jakarta.

Karena itu, pria yang akrab disapa Gus Ipul ini melontarkan keinginannya untuk mendorong kreativitas sineas Jawa Timur lewat peningkatan sejumlah festival.

“Sebetulnya, banyak anak Jatim yang kreatif, tapi sayangnya (mereka) tidak tinggal di Jatim,” cetusnya ketika hadir di acara Ngopi Bareng Sambil Nonton Film Kartini di The Premiere XXI Ciputra World Surabaya, Jumat (21/4/2017).

Gus Ipul tak menepus kesempatan untuk berkembang bagi sineas di daerah lebih kecil dibanding di Jakarta. Bandung atau Yogyakarta.

“Kami terus dorong agar sineas daerah ini tampil dalam berbagai kesempatan, termasuk acara seperti ini kan untuk memotivasi munculnya sineas daerah dan anak muda berbakat di bidang perfilman,” katanya.

Menurut Gus Ipul, membuat sebuah film memang tidak mudah. Banyak unsur yang berperan di dalamnya, mulai dari penulisan skenario, penyutradaraan, hingga keterlibatan pemainnya.

"Bikin karya itu juga tergantung mood. Dan itu tentu tidak mudah. Meski sudah didorong tapi pas mood nggak dapat, ya nggak jadi-jadi," cetusnya.

Minimnya film yang dibuat di Jawa Timur, khususnya Surabaya, menurut Gus Ipul juga lantaran banyak sineas Jatim yang pilih berkarya di ibukota.

Penulis: Achmad Pramudito
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help