Surya/

Menuju Pilgub Jatim

Akan Deklarasi Jadi Cagub, ini kata Halim Soal Calon Wakil Gubernurnya

Abdul Halim Iskandar tegas menyatakan bakal mendeklarasikan diri sebagai Calon Gubernur Jatim. Siapa pendampingnya? Ini kata Halim...

Akan Deklarasi Jadi Cagub, ini kata Halim Soal Calon Wakil Gubernurnya
surabaya.tribunnews.com/Bobby Constantine Koloway
Ketua DPW PKB Jawa Timur, Abdul Halim Iskandar 

SURYA.co.id | SURABAYA - Meski dipastikan dapat mengusung bakal calon gubernur dan wakil gubernur tanpa perlul berkoalisi dengan partai lain, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jatim tetap akan berkoalisi pada Pilkada Jatim tahun depan.

Nantinya, partai koalisi akan diberi kewenangan untuk merekomendasikan bakal calon wakil gubernur (bacawagub) yang akan mendamping Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB, Abdul Halim Iskandar, yang menjadi bakal calon gubernur (bacagub).

Halim menjelaskan, hingga saat ini mesin partai terus melakukan rekonsiliasi dengan semua partai untuk membuat rencana koalisi. Ia terbuka dengan semua partai, baik yang bernafas religius maupun nasionalis.

"Pak Thoriq (Thoriqul Haq, Sekretaris DPW Jatim), Pak Badrut (Badrut Tamam, Ketua Fraksi PKB Jatim), dan semua elemen partai terus bergerak untuk melakukan pendekatan dengan partai lain," ujar Halim kepada Surya.

"Karena koalisi yang kami bangun ini koalisi kerakyatan, yang intinya untuk kepentingan masyarakat, maka kami akan merangkul seluruh partai untuk bersatu," lanjut Halim.

Nantinya, pihaknya akan memberikan rekomendasi calon partai yang diajak untuk berkoalisi kepada Dewan Pengurus Pusat (DPP). Pihak DPP lah yang akan menentukan.

Pria yang saat ini menjabat sebagai ketua DPRD Jatim ini pun tak memberi batas waktu kapan koalisi itu bisa terbentuk. Bahkan, pendeklarasian dirinya sebagai bacagub pada pertengahan Juni nanti akan tetap dilakukan, baik dengan ataupun tanpa parpol koalisi.

Nantinya, parpol yang menjadi koalisi akan diberi kebebasan merekomendasikan bacawagub yang akan mendampinginya.

"Saya belum ada kriteria soal bacawagub. Hal itu akan saya serahkan kepada parpol koalisi saja," ujarnya.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help