Surya/

Berita Gresik

Tekan Angka Golput di Pilkada 2018, ini yang Dilakukan KPU Gresik

KPU Kabupaten Gresik berusaha untuk menekan angka golput pada Pilkada 2018 mendatang. Inilah strategi mereka...

Tekan Angka Golput di Pilkada  2018, ini yang Dilakukan KPU Gresik
surabaya.tribunnews.com/Mohammad Romadoni
Peresmian Rumah Pintar Pemilu di kantor KPU Gresik, Kamis (20/4/2017). 

SURYA.co.id | GRESIK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan membangun Rumah Pintar Pemilu di kantor KPU

Pengadaan Rumah Pintar ini bertujuan untuk menekan angka Golput pada Pilkada 2018 mendatang. 

Di Rumah Pintar ini berbagai kelengkapan terkait Pemilu tersedia, misalnya contoh bilik suara  yang umumnya ada di TPS, serta film-film dan buku-buku tentang mekanisme dan prosedur pemilihan umum. 

"Semuanya ini sangat baik sebagai pembelajaran bagi pemilih pemula. Sebab di rumah pintar itu mereka dapat belajar bagaimana proses pemilihan umum mulai dari alat pencoblosan hingga rekapitulasi suara," ujar Ketua KPU Propinsi Jatim, Eko Sasmito di sela-sela peresmian rumah pintar pemilu tersebut, Kamis (20/4/2017).

Eko Sasmito berharap masyarakat umum dapat memanfaatkan rumah pintar pemilu ini secara maksimal. Sebab, semuanya itu adalah untuk mempersiapkan Pilkada Jawa Timur dan PILPRES 2019 yang akan datang.

"Untuk anggaran rumah pintar pemilu ini bersumber dari APBN yang nantinya bisa dimanfaatkan masyarakat untuk belajar mekanisme pemilihan umum," ungkapnya.

Dari pantauan di lapangan sejumlah warga terlihat antusias mencoba dan mengamati bilik suara dan alat pencoblosan di rumah pintar pemilu. Sesekali mereka tampak membaca buku yang berisi pemilihan umum.

"Rumah pintar pemilu ini nantinya untuk mengedukasi masyarakat khususnya pemilih pemula untuk belajar cara memberikan hak suara melalui pemilihan umum," imbuhnya.

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help