Surya/

Berita Gresik

Perketat Keamanan di Ruang Tahanan, Polres Gresik Akan Tambah CCTV

Setelah insiden kaburnya tahanan dari Polsek Tambaksari dan Polres Malang, Polres Gresik berupaya memperketat keamanan dengan menambah CCTV.

Perketat Keamanan di Ruang Tahanan, Polres Gresik Akan Tambah CCTV
surabaya.tribunnews.com/Mohammad Romadoni
Kapolres Gresik, AKBP Boro Windu Danandito bersama Kasat Sat Tahti Ajun Inspektur Dua (Aipda) M Suharto Samsi saat mengecek keamanan di dalam sel tahanan, Kamis (20/4/2017) 

SURYA.co.id | GRESIK- Dua polisi bersenjata lengkap dan mengenakan rompi anti peluru berjaga di pintu gerbang Kepolisian Resor (Polres) Gresik, Kamis (20/4/2017).

Kedua personel korps cokelat itu tak segan-segan menghentikan masyarakat sipil atau siapapun yang memasuki Markas Komando (Mako) Polres Gresik.

Bahkan, dua petugas dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Gresik saat memasuki area Polres Gresik juga tak luput dari pemeriksaan.

Penjagaan ketat ini dilakukan menyusul maraknya tahanan kabur seperti yang terjadi di Polsek Tambaksari dan Polres Malang.

Tak mau kecolongan Polres Gresik memberlakukan penjagaan ekstra di sejumlah titik Mako termasuk di ruang tahanan yang berada di sisi samping depan Polres Gresik. Pengamanan juga di lakukan di berbagai penjara tahanan berada di sejumlah Polsek jajaran di Polres Gresik juga ikut ditingkatkan.

Kapolres Gresik, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Boro Windu Danandito pihaknya telah melakukan antisipasi terkait adanya sejumlah tahanan kabur dari kantor polisi kamarin lalu.

"Penjagaan di sel tahanan telah ditingkatkan termasuk pengawasan di area sekitar. Nantinya, untuk mengantisipasi hal itu kami juga akan menambah kamera Closed Circuit Television (CCTV) di sejumlah tempat sel tahanan, terang AKBP Boro Windu Danandito.

Mantan Kapolres Mojokero ini mempunyai cara jitu untuk mencegah tahanan kabur. Pihaknya menerapkan batas waktu terhadap tersangka di dalam sel tahanan agar secepat mungkin dapat dilimpahkan ke Rumah Tahanan (Rutan) Rutan Kelas II-B Gresik.

"Saat ini ada delapan tahanan di sel penjara Polres Gresik. Dan dua tahanan ada di Polsek Manyar dan Polsek Driyorejo," ungkap perwira berpangkat dua melati di pundaknya ini.

"Nantinya, akan dilakukan perbaikan pada berbagai titik bangunan sel tahanan yang ada di Polres Gresik. Di antaranya menambahkan teralis besi pada jeruji sel tahanan," sambungnya.

Terpisah, Kepala Satuan Perawatan Tahanan Dan Barang Bukti ( Sat Tahti) Polres Gresik, Ajun Inspektur Dua (Aipda) M Suharto Samsi menambahkan pengawasan dan pengamanan soal tahanan yang menjadi wewenangnya itu sejak jauh hari telah memberlakukan penjagaan ketat di sel tahanan.

Menurutnya, dalam kurun waktu satu jam satu kali personel Sat Tahti dibantu personel dari Sat Sabhara bergantian akan melakukan penyisiran ke dalam sel tahanan.

"Ini merupakan langkah kami untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Dan secara rutin selama 24 jam patroli di sel tahanan akan tetap diberlakukan," ucapnya. 

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help