Berita Surabaya

Melihat Representasi 'Kartini' Masa Kini Lewat Q Card

Mahasiswi Universitas Surabaya punya cara unik untuk mengekspresikan pandangannya soal 'Kartini' di masa kini.

Melihat Representasi 'Kartini' Masa Kini Lewat Q Card
surabaya.tribunnews.com/Habibur Rohman
Ambar Cahya Pertiwi memamerkan kartu-kartu yang diciptakannya untuk merepresentasikan 'kartini' masa kini 

SURYA.co.id | SURABAYA- Hari kartini tak hanya diperingati dengan seremonial dan mengenakan busana-busana nasional. Cara baru dilakukan mahasiswi Universitas Surabaya (Ubaya) dalam memaknai Hari Kartini.

Mahasiswi Program Kekhususan Multimedia Fakultas Teknik Ubaya, Ambar Cahya Pertiwi, mendesain empat kartu queen pada kartu remi bernuansa perempuan. Kartu yang dinamakan Q-card dipilih karena identik dengan kaum perempuan.

"Kartu ini dibuat tidak untuk dimainkan,tetapi simbol dari kekuatan kartini di masa sekarang,” jelasnya pada SURYA.co.id, Kamis (20/4).

Ambar menjelaskan, setiap kartu queen memiliki simbol. Wajik atau diamond identik dengan harta, kekuasaan, kepemimpinan. Keriting (club) melambangkan kecerdasan. Simbol waru hitam (spade) berupa kekuatan, dan hati (heart) melambangkan pengabdian dan cinta terhadap sesama.

"Setelah saya cari-cari, simbol empat queen itu cocok dengan empat tokoh Kartini hari ini. Semuanya sesuai dengan karakter masing-masing," ujar alumni SMK IPIEMS Surabaya ini.

Menurutnya, menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati cocok dengan simbol kartu queen diamond, yang merupakan simbol kepemimpinan. Kartu queen simbol club cocok dengan karakter Najwa Shihab. Najwa sendiri merupakan seorang presenter berita yang memiliki kecerdasan serta terpilih menjadi Duta Baca Indonesia.

“Karakter spade cocok dengan Liliyana Natsir, atlet bulu tangkis perempuan Indonesia, yang dikenal pantang menyerah. Dan Dian Sastro sosok publik figur yang sesuai dengan simbol heart," jelasnya.

Mahasiswi semester enam ini mengungkapkan, empat tokoh perempuan Indonesia itu representasi Kartini masa kini. Bisa melakukan pekerjaan sesuai profesi masing-masing ngan sepenuh hati. "Mereka layak disebut Kartini hari ini," jelasnya.

Ambar menjelaskan, Q-card ini sudah diikutkan ajang Kreavi Workout bertemakan Bagaimana Kartini Hari Ini. Kreavi mengumpulkan portofolio dan menampung semua karya kreatif desain grafis. "Kalau karya saya direpost oleh Kreavi, berarti skill saya bidang desain grafis diakui," pungkasnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help