Berita Surabaya

Kursi DPRD Jatim Tambah 20 di Pemilu 2019

Jumlah kursi legislatif di DPRD Jatim untuk masa kerja tahun 2019-2014 mendatang dipastikan bertambah. Ini penyebabnya

Kursi DPRD Jatim Tambah 20 di Pemilu 2019
surya/habibur rohman
Ilustrasi anggota DPRD Jatim 

SURYA.co.id | SURABAYA - Jumlah kursi DPRD Jatim untuk masa kerja tahun 2019-2014 mendatang dipastikan bertambah. Meski belum disahkan melalui Rapat Paripurna, kepastian ini diberikan oleh pansus RUU Pemilu dan disetujui oleh seluruh anggota fraksi di DPR RI.

Hal ini diutarakan oleh satu di antara anggota pansus, Fandi Utomo. Berdasarkan penjelasannya, bagi daerah dengan jumlah penduduk di atas 20 juta jiwa, akan diwakili oleh 120 orang, dari yang sebelumnya hanya 100 orang.

Sedangkan untuk daerah dengan jumlah penduduk di atas tiga juta jiwa dan berada di bawah 20 juta jiwa, akan diwakili oleh 55 orang. Jumlah ini juga meningkat dari yang hanya 50 kursi saja.

"Oleh karena itu, Jatim yang memiliki penduduk di atas 20 juta jiwa akan memiliki anggora dewan sebanyak 120 jumlah kursi," kata Fandi yang juga politikus partai Demokrat tersebut.

"Kemudian, untuk DPRD Surabaya yang mewakili lebih dari tiga juta jiwa juga akan meningkat menjadi 55 orang," ujar anggota Dewan dari Dapil Jatim I ini.

Kemungkinan besar, RUU Pemilu tersebut akan disahkan pada minggu depan yang juga menjadi minggu terakhir di bulan april (target batas waktu pengesahan RUU Pemilu).

Selain membahas jumlah kursi, RUU tersebut juga berisi sistem pemilu yang baru hingga pembagian dapil yang kemungkinan besar akan bertambah di banding Pemilu 2014 silam. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help