Surya/

Diplomasi Kinerja untuk Memasarkan Banyuwangi

Kunjungan kerja itu, menurut Anas merupakan salah satu upaya diplomasi kinerja, untuk memasarkan Banyuwangi ke berbagai daerah.

Diplomasi Kinerja untuk Memasarkan Banyuwangi
ist
Bupati Anas saat diundang oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X ke Yogyakarta 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, beberapa kali melakukan kunjungan kerja ke berbagai daerah. Tidak hanya di wilayah Jawa Timur, namun juga di berbagai daerah luar Jawa Timur.

Kunjungan kerja itu, menurut Anas merupakan salah satu upaya diplomasi kinerja, untuk memasarkan Banyuwangi ke berbagai daerah.

"Itu salah satu ‎upaya kami untuk memasarkan Banyuwangi. Memasarkan Banyuwangi dalam bentuk diplomasi," kata Anas, Kamis (20/4/2017).

Menurut Anas, ada banyak strategi pemasaran. Ada strategi langsung jual. Sedangkan yang dilakukan Banyuwangi adalah strategi pemasaran dengan menjual kinerja.

"Sehingga secara tidak langsung menjual daerah," kata Anas.

Seperti yang dilakukan Anas, dengan mengunjungi Lamongan, Mojokerto, Jember dan daerah di Jatim lainnya. Tidak hanya di Jatim, Anas juga melakukan kunjungan ke Yogyakarta.

Bupati yang juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Sarjana Nahdatul Ulama (ISNU) tersebut, juga diundang oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X, untuk presentasi di forum bersama forum bersama Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (19/4) lalu.

Dalam forum itu dihadiri oleh bupati/wali kota dan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Yogyakarta. Kedatangan Anas ke Yogyakarta ini tidak hanya menjadi sekadar kunjungan saja melainkan lebih dari itu.

Apabila dirunut sejarah, kunjungan Anas ke Yogyakarta, bisa diibaratkan diplomasi Raja Blambangan di Tanah Mataraman. Dalam sejarah belum pernah ada Raja Blambangan melakukan diplomasi pada raja-raja di Tanah Mataraman. ‎

Dalam forum tersebut, Anas memaparkan sejumlah inovasi di Banyuwangi, sehingga bisa mendorong kemajuan di daerah yang terletak di ujung timur Pulau Jawa tersebut.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help