Surya/

Menuju Pilgub Jatim

KPU Jatim Sewa Helikopter Untuk Jangkau Daerah Terpencil

Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur berencana menyewa helikopter untuk menjangkau daerah-daerah terpencil seperti daerah kepulauan, pada Pilkada 2018.

KPU Jatim Sewa Helikopter Untuk Jangkau Daerah Terpencil
Surabaya.tribunnews.com/Bobby Constantine Koloway
Para komisioner KPU Jatim memimpin jalannya pertemuan dengan jajaran KPU kota/kabupaten pada pertemuan bertajuk "Perencanaan Kebutuhan Logistik dan Anggaran Pilkada Serentak Tahun 2018 KPU Provinsi dan KPU Kabupaten Kota di Jawa Timur", Rabu (19/4/2017). di gedung KPUD Jatim. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim menyiapkan sejumlah alternatif angkutan untuk mempermudah jalannya transportasi antarpulau. Di antaranya dengan menyiapkan helikopter.

Menurut Komisioner KPU Jatim, Dewita Hayu Shinta, pihaknya telah menyiapkan helikopter untuk transportasi antar pulau. Khususnya ke kabupaten Sumenep.

Namun, Dewita menyebut bahwa penggunaan helikopter tersebut hanya akan dilakukan pada kebutuhan mendesak. "Misalnya ketika ombak sedang tinggi sehingga kapal tidak berangkat," katanya kepada Surya.

Anggaran yang direncanakan untuk sewa helikopter ini pun cukup besar. Yakni, sekitar Rp900 juta. Anggaran ini digunakan untuk sepuluh kali perjalanan pulang pergi.

"Anggaran ini sekali lagi hanya digunakan ketika dibutuhkan saja. Kami berharap pelaksanaan pilkada nanti dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan alam," pungkasnya.

Ketua KPU Sumenep, Abdul Warits menjelaskan kepada Surya, bahwa Sumenep terdiri dari 27 kecamatan yang berada sembilan pulau. Empat pulau di antaranya, Arjasa, Kangayan, Sapaken, dan Masalembu berada sangat jauh dari Sumenep. Bahkan, untuk menjangkau Masalembu, diperlukan waktu sekitar sehari semalam dengan melalui perjalanan laut. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help