Berita Gresik

Kepala Dinas Pendidikan Gresik Minta Lurah tak Sembarangan Keluarkan Surat Keterangan Miskin

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik meminta kelurahan tak sembarangan mengeluarkan surat keterangan miskin. Ini alasannya...

Kepala Dinas Pendidikan Gresik Minta Lurah tak Sembarangan Keluarkan Surat Keterangan Miskin
surabaya.tribunnews.com/Sugiyono
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, Mahin. 

SURYA.co.id | GRESIK – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, Mahin, meminta kepala desa atau lurah tidak sembarangan mengeluarkan surat keterangan miskin. 

Penyebabnya, ternyata cukup banyak orang yang memanfaatkan surat keterangan miskin itu untuk mendapat kartu Indonesia Pintar meski sebenarnya mereka tidak berhak mendapatkan itu karena berasal dari keluarga yang mampu secara ekonomi. 

Temuan ini terungkap ketika Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Gresik banyak menerima keluhan dari wali murid yang benar-benar tidak mampu yang mengatakan bahwa beberapa orang dari keluarga mampu, menerima kartu PIP. 

Dari pengaduan itu sempat dilakukan pemeriksaan di lokasi, ternyata kejadian itu memang benar adanya.

Kepala Dindik Kabupaten Gresik Mahin mengatakan bahwa untuk mendapatkan PIP syaratnya hanya satu yaitu keterangan miskin dari Desa/Kelurahan. Selanjutnya, masing-masing lembaga pendidikan langsung mendaftarkan muridnya secara online.

“Syarat mendapatkan PIP hanya surat keterangan miskin dari Desa atau Kelurahan. Kemungkinan masyarakat memanfaatkan kesempatan itu,” kata Mahin.

Dari adanya pengaduan itu, Dindik Kabupaten Gresik menghimbau kepada Kepala Desa dan Lurah untuk tidak mudah mengeluarkan surat keterangan miskin. Sehingga angka kemiskinan di Kabupaten Gresik tidak semakin meningkat dan PIP tidak salah sasaran.

“Ada yang punya mobil mendapat PIP. Jadi kami minta kepada Kelurahan dan Kepala Desa tidak mudah mengeluarkan surat keterangan miskin,” katanya.

Penulis: Sugiyono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help