Berita Malang Raya

VIDEO - Pendongeng Agus PM Toh Cerita Siaga Bencana lewat Kamishibai

Pendongeng bernama asli Agus Nur Amal itu menceritakan kisah Smong atau Tsunami dalam bahasa Simeulue, Provinsi Aceh.

SURYA.co.id | MALANG - Dalam pembukaan Japan Corner di Universitas Islam Malang (Unisma), Senin (17/4/2017), pendongeng Agus PM Toh menceritakan siaga bencana lewat Kamishibai hasil penelitian Wako University Jepang dan JICA.

Kamishibai adalah cerita bergambar ala Jepang. Dalam penelitian itu, Kamishibai digunakan untuk mengedukasi siaga bencana dengan pendekatan budaya.

Pendongeng bernama asli Agus Nur Amal itu menceritakan kisah Smong atau Tsunami dalam bahasa Simeulue, Provinsi Aceh.

Dalam cerita itu, terdapat pesan-pesan untuk mengenali awal mula bencana yaitu gempa bumi dan tsunami.

Dengan gaya khasnya, Agus membuat hadirin yang terdiri dari Rektor Unisma, Konsulat Jenderal Jepang untuk Surabaya, dan jajaran akademisi Wako University Jepang dan Unisma, terpingkal-pingkal. Meski begitu, pesan yang disampaikan juga bisa melekat.

JICA Expert, Yoko Takafuji yang meneliti edukasi siaga bencana lewat pendekatan budaya, mengatakan setiap daerah punya cerita turun-temurun mengenai bencana. "Misalnya di Simeulue ada cerita Smong yang menyelamatkan puluhan ribu jiwa di pulau tersebut ketika tsunami pada 2004," katanya.

Saksikan penampilan Agus PM Toh saat berdongeng menggunakan Kamishibai dengan cerita berjudul Nama Saya Smong, dalam video berikut.

Penulis: Dodo Hawe
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help