Liputan Khusus

VIDEO - Inilah Satu-satunya Cara Cegah Longsor di Jawa Bagian Utara

Menurut Kepala BPBD Tuban, potensi longsor dan gerakan tanah di pegunungan kapur utara berbeda dengan di Nganjuk dan Ponorogo. Ini penjelasannya...

SURYA.co.id | TUBAN - Joko Ludiyono, Kepala BPBD Tuban, menyatakan, potensi longsor dan gerakan tanah di pegunungan kapur utara berbeda dengan yang terjadi di Nganjuk atau Ponorogo.

Di sana, longsor atau gerakan tanah terjadi karena alam dan alihfungsi lahan. Sementara di daerah wilayah pergunungan kapur utara, terjadi karena perbuatan manusia, yakni eksploitasi batu kapur.

Pegunungan kapur utara ini, bukan hanya ada di Jawa Timur, termasuk di Kabupaten Tuban, Tapi juga hingga daerah Jawa Tengah di daerah utara Pulau Jawa. Di Tuban, kecamatan yang masuk dalam wilayah itu antara lain Singgahan, Montong, Kerek, Merakurak, hingga Palang.

Gunung kapur yang membentuk goa memang memiliki nilai estetika. Akan tetapi, di beberapa daerah, ada rumah-rumah yang masuk dalam kategori bahaya karena berada di sekitar pegunungan kapur. Selain itu, ekspolitasi yang berlebihan juga berbahaya untuk jalan yang berada di sekitar pegunungan itu.

Bagaimana solusinya? Silakan baca Laporan Khusus Harian SURYA edisi 18-19 April 2017.

Informasi iklan dan berlangganan Harian SURYA - 031-8419000

Tags
Tuban
BPBD
Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help