Surya/

Berita Politik

Nasdem Jatim Terima 80 Pendaftar Caleg, Selanjutnya Para Pendaftar akan Mengikuti Proses seperti ini

Partai Nasdem telah membuka pendaftaran bagi calon legislatif sejak awal tahun ini.

Nasdem Jatim Terima 80 Pendaftar Caleg, Selanjutnya Para Pendaftar akan Mengikuti Proses seperti ini
surya/bobby constantine koloway (Bobby)
Muzammil Syafi'i 

SURYA.co.id | SURABAYA - Partai Nasdem Jatim menerima pendaftaran 80 bakal calon legislatif (bacaleg) pada Pemilu 2019. Bacaleg tersebut akan ditempatkan di berbagai tingkat legislatif.

Partai Nasdem telah membuka pendaftaran bagi calon legislatif sejak awal tahun ini.

Pendaftaran ini dibuka untuk bacaleg di tingkat DPR, DPRD tingkat 1, maupun DPRD tingkat II. Masa pendafaran tersebut telah ditutup pada Sabtu (15/4/2017).

Untuk pendaftaran di panitia tingkat provinsi, bacaleg dapat memilih kursi DPR dan DPRD tingkat I.
Sedangkan apabila mendaftar di tingkat kota/kabupaten, bacaleg dapat memilih kursi DPR, DPRD tingkat I, maupun DPRD tingkat II.

Menurut Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem Jatim, Muzammil Syafi'i, jumlah tersebut hanya terhitung untuk calon yang mendaftar di tingkat provinsi saja.

"Sedangkan bagi bacaleg yang mendaftar di tingkat kota maupun kabupaten belum kami hitung," ujar Muzammil kepada Surya.co.id, Senin (17/4/2017).

Untuk penghitungan serta akumulasi berkas data pendaftar dari seluruh wilayah di Jatim akan dilakukan pada proses selanjutnya.

Data tersebut akan melalui proses verifikasi oleh panitia perekrutan bacaleg sebelum ditetapkan menjadi caleg partai berwarna dominan biru dan kuning tersebut.

"Perlu kami tegaskan bahwa perekrutan yang kami lakukan ini bukan perekrutan kader, namun perekrutan bacaleg yang diproyeksikan akan menempati kursi di dewan," ujar pria yang juga ketua fraksi Partai Nasdem di DPRD Jatim tersebut.

"Sehingga proses verifikasi tersebut akan menyesuaikan dengan syarat seorang bakal legislatif," imbuh Muzamil.

Selanjutnya, panitia akan melakukan proses pembinaan dan pendampingan bagi bacaleg yang dinyatakan lolos verifikasi.

Selama poses pendapingan itu pula, panitia juga akan melakukan survei tingkat elektabilitas maupun popularitas masing-masing calon.

Dari hasil survei inilah, pantia akan memberikan saran kepada bacaleg terkait potensi di masing-masing tingkat yang mungkin akan dimenangkan.

"Kami akan menimbang seberapa besar peran baceleg itu bagi masyarakat, termasuk partai selama ini. Juga terkait potensi kemenangan berdasar hasil survei," kata pria yang juga menjabat anggota komisi A DPRD Jatim ini.

"Dari penilaian tersebut, kami akan menentukan penempatan (prioritas) nomor caleg, dapil, hingga pilihan DPR, DPRD I, atau DPRD II. Kami akan hitung," lanjut Muzammil.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help