Surya/

Berita Banyuwangi

Kabupaten Banyuwangi Kembangkan Wilayah Selatan Lewat Perkebunan

Tidak hanya Glenmore, Banyuwangi juga mengembangkan Kecamatan Kalibaru. Menurut Anas Kalibaru dikenal dengan perkebunan kopi.

Kabupaten Banyuwangi Kembangkan Wilayah Selatan Lewat Perkebunan
surya/haorrahman
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, saat bertemu dengan warga Kalibaru 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Wilayah selatan Banyuwangi memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan.

Karena itu, Pemkab Banyuwangi mengembangkan kawasan dengan potensi di bidang pertanian dan perkebunan itu. Di antaranya Kecamatan Glenmore dan Kalibaru.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, kawasan ini memiliki pemandangan yang bagus. Di sebelah utara ada Gunung Raung serta areal persawahan dan perkebunan. Dalam waktu dekat, di Kecamatan Glenmore akan didirikan Kampung Cokelat.

Glenmore memiliki sejarah panjang dengan cokelat. Glenmore memiliki perkebunan cokelat dengan kualitas salah satu terbaik di dunia. Sehingga Banyuwangi akan membangun sentra cokelat di Glenmre. Apalagi dengan perkembangan Jalur Lingkar Selatan (JLS), yang akan melalui Kampung Cokelat ini.

"JLS melalui Glenmore. Sehingga akan banyak orang yang melewati Glenmore jika JLS telah jadi," kata Anas, Minggu (16/4/2017).

Karena itu menurut Anas, masyarakat di kawasan tersebut harus dipersiapkan untuk menyambut pembangunan ini.

Anas mengatakan Glenmore tidak hanya sekadar menjadi sentra perkebunan cokelat, namun juga disiapkan untuk produksi cokelat.

Pemkab bekerja sama dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) Indonesia , untuk mengembangkan produksi cokelat Glenmore.

Tim dari Puslitkoka telah berkunjung ke Banyuwangi untuk melakukan penelitian dan pengembangan cokelat Glenmore.

"Puslitkoka sudah bertemu saya di Banyuwangi, dan telah mempresentasikan rencana pengembangan cokelat Glenmore. Ini akan menjadi destinasi wisata baru di Banyuwangi," kata Anas.

Halaman
123
Penulis: Haorrahman
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help