Surya/

Menuju Pilgub Jatim

Anggaran Pilkada Jatim Rp 817 Miliar Ditargetkan Cair Agustus 2017

KPU Jawa Timur menargetkan pencairan anggaran Pilkada Jatim pada 2018 mendatang sudah dapat dicairkan pada Agustus 2017.

Anggaran Pilkada Jatim Rp 817 Miliar Ditargetkan Cair Agustus 2017
Surabaya.tribunnews.com/Bobby Constantine Koloway
Komisioner KPU Jatim, Dewita Hayu Shinta (kiri) saat memberikan penjelasan di hadapan mahasiswa Unair pada pertemuan di Gedung KPU Jatim pada diskusi soal anggaran pilkada, Kamis (13/4/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pasca disetujuinya besaran anggaran yang akan digunakan pada Pilkada mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim menargetkan dapat mencairkan anggaran pada Agustus mendatang. Saat itu juga menjadi waktu tahapan Pilkada 2018 dimulai.

Hal ini diutarakan oleh Komisioner KPU Jatim, Dewita Hayu Shinta, Sp MSi.

Menurutnya, pada bulan tersebut KPU Jatim rencananya akan memulai tahapan awal Pilkada. Di antaranya, dengan merekrut sejumlah perangkat pemungutan suara hingga pemuktrahiran data pemilih sementara.

"Untuk periode tahapan awal akan kami mulai pada Agustus hingga September. Sedangkan untuk hari H pemilihannya kemungkinan ada di pertengahan 2018," ujar Shinta kepada Surya, saat ditemui di kantornya, Kamis (13/4/2017).

Untuk besaran anggaran yang akan digunakan pada Pilkada Jatim mencapai Rp 817 Miliar.

"Besarannya telah disepakati dan kami tinggal menyesuaikan dengan beberapa detail anggaran," ujarnya.

Besaran tersebut sedikit lebih kecil dibandingkan dengan jumlah anggaran yang diusulkan kepada pemerintah daerah Jatim. Sebelumnya, KPU Jatim mengusulkan anggaran sebesar Rp 857 miliar.

Terkait dengan anggaran yang lebih kecil ini, KPU Jatim telah melakukan sejumlah penyesuaian. Di antaranya dengan memotong anggaran yang digunakan untuk sosialisasi.

"Misalnya pengadaan untuk umbul-umbul dan banner sosialisasi (bukan kampanye) di kelurahan/desa. Itu kami hilangkan," kata Shinta.

Berharap Tepat Waktu

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help