Surya/

Berita Banyuwangi

Jalur Lingkar Selatan dan Jalan Tol Probowangi akan Tersambung di Ketapang

Dua jalan ini nantinya akan tersambung di Lingkar Ketapang Banyuwangi. Sehingga antara jalur utara dan selatan akan tersambung.

Jalur Lingkar Selatan dan Jalan Tol Probowangi akan Tersambung di Ketapang
surya/haorrahman
Abdullah Azwar Anas saat meninjau Jalur Lingkar Selatan 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Dua mega proyek pembangunan jalan tahun ini akan mulai digarap di Banyuwangi. Yakni Jalur Lingkar Selatan (JLS) dan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi).

Dua jalan ini nantinya akan tersambung di Lingkar Ketapang Banyuwangi. Sehingga antara jalur utara dan selatan akan tersambung.

"Dengan adanya jalan tol dan JLS, jarak tempuh untuk menuju ke Banyuwangi akan semakin cepat. Sehingga ini akan meningkatkan perekonomian di Banyuwangi," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Selasa (11/4/2017).

Menurut Anas dengan adanya JLS dan jalan tol akan mempercepat laju distribusi barang. Sehingga roda perekonomian juga ikut tergerak.

Seperti JLS, jalur ini bisa mengurangi disparitas wilayah di Banyuwangi antara wilayah utara, tengah, dan selatan. Sehingga ada keseimbangan khususnya di wilayah selatan.

Tahun ini JLS akan dilanjutkan kembali. JLS merupakan jalan yang menghubungkan Pacitan, Trengalek, Tulungaung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember, dan Banyuwangi.

Sedangkan di Banyuwangi sendiri JLS terbentang sepanjang 106 kilimeter, yang melalui Ketapang, Banyuwangi Kota, Rogojampi, Srono, Benculuk, Jajag, Genteng, Glenmore, Perkebunan Kendenglembu, Pagar Gunung, Malangsari, Tangki Nol (perbatasan Jember sisi selatan).

Menurut Mujiono Kepala Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya mengatakan, untuk JLS kurang 23 kilometer.

"Untuk JLS sudah mencapai 90 persen. Hanya tinggal 10 persen," kata Mujiono.

Saat ini pembebasan lahan hanya tinggal di wilayah perkebunan dan hutan, yang masuk dalam otoritas PTPN dan Perhutani.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help