Surya/

Lipsus Perburuan Benih Lobster

Pemburu Benih Lobster, Sekali Melaut Bisa Raup Pendapatan Rp 5 Juta

Para nelayan menangkap bayi-bayi lobster yang panjangnya sekitar 1 sentimeter untuk diekspor ke Singapura.

Pemburu Benih Lobster, Sekali Melaut Bisa Raup Pendapatan Rp 5 Juta
surya/aflahul abidin
Nelayan di pantai Kondang Merak memilih tetap mencari ikan meski perburuan benih lobster kian marak dan lebih menguntungkan. 

SURYA.co.id | MALANG - Suasana pesisir pantai selatan Malang mulai Desa Sendangbiru, Kecamatan Sumbermanjing Wetan hingga Kondang Merak, Kecamatan Bantur, tampak lengang, Rabu (5/4/2017) sore hingga Kamis (6/4/2017) pagi.

Beberapa perahu nelayan bermesin tempel berlabuh di sekitar garis pantai. Hanya satu-dua perahu pemancing yang terlihat beraktivitas.

Kondisi ini berbalik 180 derajat dengan beberapa hari sebelumnya. Puluhan, bahkan ratusan perahu, dijangkar dengan jarak sekitar 500 meter dari bibir pantai mulai pukul 17.00 hingga pukul 04.00 atau sekitar 11 jam.

Setiap perahu dilengkapi lampu sorot terus menyala sepanjang malam. Suasana ini digambarkan penduduk setempat, tampak seperti pasar apung di malam hari.

Perahu-perahu itu milik nelayan yang mencari benih lobster. Penangkapan benur lobster sejatinya melanggar Peraturan Menteri (Permen) Kelautan dan Perikanan RI 1/2015 tentang Penangkapan Lobster, Kepiting, dan Rajungan serta Pasal 88 UU 31/2004 tentang Perikanan.

Permen itu membatasi penangkapan lobster yang panjang karapas (cangkang keras yang melindungi tubuh) kurang dari 8 sentimeter.

Para nelayan menangkap bayi-bayi lobster yang panjangnya sekitar 1 sentimeter untuk diekspor ke Singapura.

Informasinya, benih lobster itu akan dibudidaya di Vietnam.

Perburuan benur lobster di pantai selatan Jatim berlangsung sejak setahun terakhir. Para nelayan tergiur berburu benur lobster, karena pendapatannya sangat besar.

Di pasar ekspor, harga benih lobster super bisa mencapai Rp 200.000 per ekor.

Halaman
12
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help