Surya/

Menuju Pilgub Jatim

Meski Bisa Usung Calon Sendiri di Pilgub Jatim, PKB Tetap Akan Koalisi

Partai Kebangkitan Bangsa akan memilih berkoalisi dengan partai lain pada Pilgub Jatim 2018 mendatang meski mereka bisa mencalonkan cagub sendiri.

Meski Bisa Usung Calon Sendiri di Pilgub Jatim, PKB Tetap Akan Koalisi
foto/tribunnews
Muhaimin Iskandar 

SURYA.co.id | SURABAYA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terus mematangkan persiapan jelang Pilkada pada 2018 mendatang. Tak hanya mematangkan konsolidasi di jajaran pengurus internal partai, PKB juga membuka opsi berkoalisi dengan partai lain.

Hal ini disampaikan oleh ketua umum PKB, Muhaimin Iskandar. Dia mengaku telah melakukan sejumlah pembicaraan dengan partai lain terkait pilgub Jatim.

Di antaranya dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hingga Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Sebenarnya kami bisa saja mengusung calon kami sendiri. Meskipun demikian, kami akan tetap membuka koalisi," ujar Muhaimin ketika ditemui di Sidoarjo.

"Sejauh ini, ada beberapa partai yang telah kami ajak bicara. Di antaranya, PDIP dan PPP," lanjutnya.

Meskipun demikian, pembicaraan tersebut belum menghasilkan sebuah kesepakatan. Sebab, pembicaraan ini masih dalam tahap awal.

Untuk diketahui, PKB menjadi satu-satunya partai di Jatim yang dapat mendaftarkan calon gubernur tanpa melakukan koalisi. Memiliki total 20 kursi di tingkat DPRD I, PKB menjadi partai dengan jumlah kursi terbanyak.

Selain itu, Muhaimin juga menegaskan bahwa pihaknya hingga saat ini masih mencalonkan ketua DPW PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar sebagai calon gubernur yang akan diusung oleh partai berwarna dasar hijau ini. "Untuk calon Jatim 1, kita masih pak Halim," pungkasnya. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help